Surabaya Raih Penghargaan Adipura Kencana


Surabaya NewsWeek- Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di Kota Surabaya, Kerja keras Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya berbuah manis. Wali Kota Risma menerima tiga penghargaan sekaligus, yaitu Adipura Kencana, Kinerja Pengurangan Sampah, dan Nirwasita Tantra.

Penyerahan penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf  Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD yang digelar di Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta.

Wali Kota Risma yang hadir dalam acara itu dengan menggunakan kursi roda, wajahnya nampak gembira ketika beranjak meninggalkan kursi rodanya menuju panggung untuk menerima penghargaan yang sangat membanggakan itu. Saat itu, Kota Surabaya beserta kinerja Wali Kota Risma banjir pujian, baik dari Menteri Siti Nurbaya maupun dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan anugerah Adipura Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kota yang menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Tahun ini, kriteria Adipura Kencana sangat ketat penilaiannya, yang paling utama adalah pengelolaan  sampah  dan good environtmental governance serta keberlanjutannya.

“Untuk itu, anugerah ini hanya diberikan kepada satu kota penerima Adipura Kencana,  yaitu  Kota Surabaya.  Kota ini sudah  mendapat rekognisi  dari  UNEP (United Nations Environment Programme),  termasuk inovasi berupa tiket bus dengan menggunakan botol plastik, dan di dunia ini baru ada di Surabaya, Beijing, dan Turki,” tegasnya.

Penghargaan kedua yang diterima oleh Surabaya adalah Kinerja Pengurangan Sampah 2018. Anugerah ini merupakan penghargaan yang baru diberikan tahun 2018 ini dan Menteri Siti Nurbaya berkomitmen untuk mengembangkannya di tahun-tahun berikutnya.

Bagi dia, penghargaan ini diberikan kepada kota-kota yang mempunyai inovasi penting dalam pengurangan sampah, terutama melalui implementasi pembatasan kantong plastik sekali pakai serta meningkatkan daur ulang plastik melalui TPS 3R dan bank sampah. ( Ham )

Posting Komentar

0 Komentar