Pengrajin Tenun Khas Daerah Mendapat Binaan Dari Disdagri Kab. Tanbu

BATULICIN - Pengrajin kain tenun khas daerah mendapatkan pembinaan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu ) Sebagai bentuk perluasan pangsa pasar produk kain tenun khas daerah. Pembinaan tersebut dilaksanakan pada Rabu (20/02) di Desa Manurung, Kecamatan Kusan Hilir. Kab. Tanbu.

Kadisdagri Tanbu Deny Harianto, melalui Kabidnya Fityanto, menyampaikan pembinaan kepada para pelaku industri kecil menengah (IKM) merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah agar IKM dapat maju dan berkembang. "Saat ini sasaran tujuan pembinaan adalah pengrajin kain tenun"ungkapnya.

Tanbu sebentar lagi akan menghadapi event besar seperti Hari Jadi dan Pesta Adat Mappanretasi. oleh sebab itu menurut Fiyanto pembinaan terhadap pengrajin tenun  harus dilakukan.

Karena pada moment itu para pengrajin dan sentra kain tenun Pagatan kebanjiran rezeki dengan banyaknya pengunjung dari luar daerah yang berminat membeli kain khas daerah. "Saya berharap disaat pembinaan para pengrajin tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas kain tenunnya"tandasnya.

Selain itu, kepada pemilik rumah tenun dan pengrajin agar memiliki kain tenun dengan ciri khas atau motif tersendiri. "Untuk saat ini sudah ada 5 sentra kain tenun khas tanbu yang terus diusahakan peningkatan kreatifitas maupun kualitasnya"pungkasnya.

"Berkaitan dengan pemasaran harus bisa memamfaatkan kemajuan teknologi melalui media online"sebut Fityanto Selain itu katanya menambahkan promosi yang paling efektif adalah harus diawali dari diri sendiri untuk  memakai kain tenunnya dan usahakan digunakan diberbagai kegiatan sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk memiliki kain tenun khas daerah Tanbu.

"Dari kegiatan ini tak lupa saya menyampaikan terima kasih kepada kepala Desa Menurung yang telah memfasilitasi sehingga pembinaan ini dapat terlaksana dengan baik"imbuhnya. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar