RSUD dr M Saleh Apresiasi Hari Kesehatan Ginjal Dengan Adakan Berbagai Kegiatan


Wakil Walikota HMS Subri didampingi Direktur RSU dr M Saleh, dr Ribiyati saat bekunjung ke pusat layanan masyarakat ini.

PROBOLINGGO - Sebagai ungkapan apresiasi terhadap peringatan Hari Ginjal Sedunia yang tahun ini jatuh pada Kamis, 14 Maret. Maka Pemkot Probolinggo melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan tersebut yang intinya peringatan kali ini bertujuan untuk membangun kesadaran setiap orang mengenai pentingnya kesehatan ginjal. Peringatan tahun ini mengangkat tema Kidney Health for Everyone. Ini merupakan bagian dari tema besar tujuan pembangunan kesehatan health for everyone, kesehatan untuk semua.

Kegiatan yang dilangsungkan di pelataran RSUD dr Muhamad Saleh kota Probolinggo ini dihadiri oleh Wakil Walikota HMS Subri, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dilingkup Pemkot Probolinggo, Camat, Tim Penggerak PKK kota Probolinggo serta undangan lainnya, Kamis (14/3). Kegiatan diawali dengan laporan dr Bj Habibi selaku ketua panitia kegiatan tersebut. 

Walikota Hadi zainal Abidin S.Pd, MM,MHP yang diwakili Ir HM Soufis Subri dalam sambutannya mengatakan peringatan hari kesehatan ginjal sedunia yang diperingati setiap tahun ini dimaknakan sebagai peringatan atas tingginya jumlah penderita gagal ginjal, khususnya dikota Probolinggo. “Untuk itu perlu adanya perhatian, komitmen dan dukungan yang nyata dari semua pihak dalam pencegahan dan penanganan penyakit gagal ginjal. ”Ujar Wawali.

Lebih lanjut HMS Subri menambahkan terkait dengan masalah kesehatan yang pada kenyataanya system kesehatan hanya berorientasi pada pada penyakit, “Apabila telah sakit barulah dilakukan pengobatan, mereka yang sakit akan dirawat di Rumah sakit. Apabila telah dinyatakan sembuh kemudian dipulangkan kembali. Hal ini berulang ulang terjadi. Maka efektifnya suatu pengobatan juga dipengaruhi oleh pola pelayanan kesehatan yang ada, sikap dan keterampilan pada pelaksananya. Begitu juga dengan proses pengobatan yang dipengaruhi oleh lingkungan, sikap, Pola hidup pasien dan keluarganya. Kemudian juga dibutuhkan kerasama yang positif antara pelaksana dengan keluarga pasien. ”tambanya.

Wakil Walikota ketika berkunjung ke ruang rawat inap RSUD dr M Saleh kota Probolinggo dan berdilaog dengan pasien.

Perludiketahui dalam memperingati hari kesehatan Ginjal tahun ini, Dinkes melalui RSUD dr M Saleh menggelar kegiatan Talkshow dengan tema Pentingnya kesehatan ginjal untuk semua orang dimana saja. Kemudian peresmian komunitas pasien hemodialisa yang ada di RSUD ini dan ini dilakukan oleh Wakil Walikota, Lomba cipta karya menu diet untuk pasien gagal ginjal yang diikuti oleh perwakilan dari berbagai kelompok pasien dan keluarga pasien penderita gagal ginjal di unit Hemodialisa.

Selain itu dalam agenda kegiatan tersebut juga digelar Bazar amal yang diikuti oleh keluarga pasien di unit Hemodialisa, masyarakat rumah sakit dan masyarakat umum. Hasil pengumpulan amal ini akan digunakan untuk kegiatan rutin komunitas dialysis.  

Ditempat yang sama, Direktur RSUD dokter Muhammad Saleh kota Probolinggo, dr Rubiyati saat diwawancaroi terkait kegiatan tersebut menjelaskan bahwa hari kesehatan ginjal ini merupakan momen yang selama ini jarang mendapat perhatian dari masyarakat ‘Melalui peringatan hari ginjal se duania ini, kami mengajakmasyarakat untuk selalu peduli terhadap organ tubuh yang namanya ginjal yang tentunya dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan mendukung ginjal kita untuk tetap baik.”Ujarnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar