PKBM Hidayah Gelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional Untuk Peserta Paket A

Kegiatan USBN para peserta Paket A PKBM Hidayah kota Probolinggo.

PROBOLINGGO - Peningkatan mutu pendidikan telah merambah pada siswa yang mengikuti program kejar paket A dengan keikutsertaaaanya dalam ujian akhir sekolah yakni Kegiatan Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) yang diadakan sejumlah PKBM yang ada di wilayah kota Probolinggo.

Hal ini seperti yang diperlihatkan oleh para peserta Paket A yang selama ini menempuh pendidikan di PKBM  (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) HIDAYAH kota Probolinggo. Kegiatan USBN tersebut berlangsung pada tanggal 22 s.d 24 April 2019 dengan jumlah peserta 21 orang, sedangkan Ujian Paket B juga akan dilaksanakan sesuai dengan Juknis oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 10 sampai dengan  12 Mei 2019 di SMK Negeri 2 dan Pondok pesantren mitra seperti di Riyadhlus Solihin dan Pondok Pesantren Al Islah.

Sementara Juma’in, selaku pengelola PKBM Hidayah, saat ditemui menjelaskan dalam ujian nasional paket A kali ini, tercatat diikuti oleh 21 peserta.”Diharapkan dengan keikutsertaan peserta paket A ini, akan menambah jumlah warga yang peduli dan mengutamakan pentingnya pendidikan bagi dirinya yang tentunya dapat dijadikan referensi untuk meniti ke jenjang berikutnya.”Ujarnya.

Lebih lanjut Juma’in menambahkan jika lembaganya yang dipercaya mengawal Ujian nasional paket A dan B merupakan satu bentuk kebanggaan tersendiri, karena dipercaya oleh Dinas Pendidikan kota Probolinggo untuk melaksanakan kegiatan ini. “Satu bentuk kebanggaan bagi  PKBM Hidayah atas kepercayaan yang diberikan oleh Disdikpora untuk melaksanakan sendiri  USBN yang salah satunya ujian paket A bagi masyarakat yang benar-benar mempunyai semangat untuk terus belajar.”tegasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dispendik Pemuda dan Olah Raga Pemkot Probolinggo yang ditemui mengatakan, bahwa pihaknya sangat rerpek terhadap perkembangan pengelolaan PKBM yang ada di kota Probolinggo. Untuk itu Disdikpora mempercayakan PKBM Hidayah untuk mengawal dan melaksanakan ujian paket A dan B tahun ini. “Berkat kerjasama antara PKBM dan Disdikpora yang menaungi lembaga ini, diharapkan akan terus berlangsung dan jalannya ujian akan berlangsung seperti yang diharapkan.”Ujar Heri, Kabid PLS Disdikpora kota Probolinggo.

Sementara Kepala Disdikpora kota Probolinggo, drs HM Maskur M.Pd saat diwawancarai terkait adanya kegiatan USBN bagi peserta paket A tersebut mengatakan bahwa apresiasi perlu diberikan pada peserta paket baik A,B dan C “Karena mereka peduli dan mengedepankan factor pendidikan guna menunang karir dan kematangan ilmu pengetahuan. Untuk itu perlu difasilitasi yang sama termasuk mengikutkan mereka dalam USBN. ”Ujarnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar