Harapkan kondusifitas Wilayah, Desa Tegalsono Gelar Selamatan Desa

Agus Prakoso, Kabid Kelembagaan PMD kab Probolinggo foto bersama Kades Tegalsono Mat Yasin.

Probolinggo - Guna mewujudkan kondisi wilayah yang dipenuhi keberkahan dari Yang Maha Kuasa, maka Pemerintah Desa Tegalsono Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo mengadakan ritual selamatan desa. Agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, diisi dengan berbagai kegiatan yang berlangsung selama dua hari, (28-29 Juni 2019). 

Menurut Mat Yasin selaku Kepala Desa (Kades) Tegalsono yang berhasil diwawancarai menjelaskan bahwa kegiatan desa ini sebagai ungkapan syukur atas berkah keamanan dan ketentraman yang selama ini dirasakan oleh masyarakat desanya, termasuk ditahun yang akan datang kondisi tersebut akan tetap diterima. 

Hajatan ini merupakan satu bentuk ungkapan rasa syukur kami atas semua keberkahan yang dirasakan oleh masyarakat desa ini, diantaranya adanya rasa aman dan tentram.Ujarnya.

Ditambahkan oleh Kades Tegalsono, terkait kegiatan yang diadakan di desa ini, semuanya berdasar permintaan masyarakat setempat kami berupaya memenuhi apa yang menjadi permintaan warga, termasuk mengadakan tumpengan, dan dilanjutkan dengan hiburan konvoi dan pawai mengelilingi wilayah desa serta menggelar hiburan ketoprak.jelas mat Yasin.

Yang istimewa dari kegiatan ini dengan hadirnya perwakilan Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) kabupaten Probolinggo. Menurut Agus Prakoso, Kabid Kelembagaan PMD Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan selamatan desa ini, yang pertama diharapkan kedepan kondisi wilayah ini akan diberi keberkahan Keselamatan dan keamanan. 

Kedua ungkapan rasa syukur atas keberhasilan desa Tegalsono ini dalam menciptakan pembangunan di wilayah desa ini. Kemudian agenda seperti ini sebisa mungkin sebagai agenda tetap dan berkesinambungan dan bisa dijadikan potensi wisata religi. 

Yang tak kalah pentingnya yakni agar tradisi ini dapat memupuk dan mempertahankan budaya lokal serta dapat menfilter budaya barat yang ada kecenderungan dapat mengikis budaya lokal yang penuh kearifan.Ujarnya.

Pantauan wartawan media ini, sepanjang perhelatan selamatan desa yang mengusung kearifan lokal ini, Nampak animo masyarakat setempat guna mensukseskan acara demi acara terbilang cukup tinggi. 

Antusias warga untuk menyaksikan berbagai kegiatan nampak jelas. Sepanjang pelaksanaan selamatan desa ini, berbagai kegiatan dapat dilaksanakan sesuai harapan panitia. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh pemdes dan masyarakat. 

Kita hanya meminta rido Allah SWT demi terciptanya kondisi wilayah desa Tegalsono ini aman dan terkendali, serta kesejahteraan warga akan dapat terwujud. Ujar Mat Yasin, Kades Tegalsono yang diwawancarai disela sela memantau pelaksanaan ritual selamatan desa yang dimaksud. 

Ditempat berbeda, Drs Samsul Huda Kadis PMD kabupaten Probolinggo yang dimintai komentar terkait kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan selamatan desa merupakan tradisi yang senantiasa melekat pada masyarakat utamanya masyarakat pedesaan. 

Diharapkan dengan adanya ritual selamatan desa ini, akan dapat mewujudkan harapan warga desa terkait berbagai hal menyangkut hal positif didesa ini, termasuk segi keamanan dan kesejahteraan warganya.Ujarnya.  (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement