Tanbu Gelar Rakor BKAD dan UPK


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Rakor Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK).Ratusan peserta yang mengikuti di buka Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum  dan Pemerintahan ,Drs. H. Muhammad Thaha. di Mahligai Bersujud,Rabu (19/06/19) Kecamatan Simpang Empat. 

Dikatakannya, BKAD) dan UPK memiliki peran penting dan strategis dalam mengembangkan aset masyarakat berupa dana bergulir PNPM Mandiri Perdesaan.Melalui Rakor BKAD dan UPK  ini  tandasnya, dana ex PNPM Mandiri Perdesaan ini akan terjaga yang sekarang berubah menjadi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DPAM). 

"Sebagaimana yang diharapkan Bupati,Dana Ex PNPM Mandiri Perdesaan yang di kelola itu harus berkembang dan meningkat , dan sejatinya untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat pula, "ucap M. Thaha. 

Selain itu tambahnya, dalam rakor ini turut membahas tentang strategi peningkatan pengelolaan Dana Bergulir Simpan Pinjam Perempuan."Hal demikian diharapkan mampu memiliki peran dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja ,pengetahuan dan wawasan ,skill bagi pin BKUD -UPK serta kelompok simpan pinjam perempuan ,"tutupnya. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan Desa (BPMPD Kab. Tanbu) melalui Kabid PMLK Hj. Maulidah Hayati, SKM memaparkan. BKAD sebagai lembaga yang terbentuk atas kesepakatan antar desa disuatu wilayah di Kecamatan dan berfungsi mengintegrasikan sistem pembangunan parisifatip kedalam sistem pembangunan daerah. 

Lanjutnya ,sedangkan UPK adalah lembaga pengelola dana bergulir yang dibantu oleh BP-UPK, tim verifikasi serta tim pendanaan maupun tim penyehatan pinjaman."Tim ini saling bekerjasama memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui akses permodalan dan pengembangan dana modal bagi masyarakat di kelompok SPP dan UEP yang tidak tersentuh oleh lembaga perbankan maupun lembaga keuangan lainnya."tuturnya. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement