Malam Resepsi Yadya Kasada, 7 Warga Kehormatan dikukuhkan


PROBOLINGGO - Hari Raya Yadya Kasada digelar setiap tahun tepatnya pada bulan purnama menjelang hari - 14 setiap dalam penanggalan jawa. Dimana acara  tersebut merupakan rangkaian kegiatan pada saat hari raya Yadya Kasada bagi umat Hindu.

Sebelum pelaksanaan ritual Yadya Kasada dan larung sesaji, Diawali dengan acara malam resepsi Yadya Kasada sekaligus dikukuhkannya 7 (tujuh) orang yang dinobatkan sebagai warga kehormatan dan sesepuh Tengger Bromo Semeru, Rabu (17/7/2019) Pukul 08.00 wib di Pendopo Agung Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

7 (tujuh) orang yang dikukuhkan terdiri dari Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim DR. Ir. Heru Cahyono, MM, Kepala Disbudpar Provinsi Jatim Sunarto, Komadan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Kapolres Probolinggo Eddwi Kurniyanto, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nur Rizal, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo H. Zulmi Noor Hasani oleh Dukun Pandhita Sutomo.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko beserta ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo diikuti oleh segenap pejabat OPD Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyatakan, Bromo sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi daerah tujuan wisata dengan keindahan alam yang indah, Pesona matahari terbit, Masyarakat tengger yang ramah dan terus menjaga kesucian adat budayanya yang dapat menarik simpatik bagi wisatawan.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu pendukungnya dengan menyiapkan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakatnya. Pada momentum acara Kasada ini masyarakat tengger menantikan kebersamaan untuk mempromosikan pariwisata, Mengembangkan serta melestarikan Seni Budaya maupun adat  tradisi masyarakat lokal tengger,"Jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim DR. Ir. Heru Cahyono menjelaskan, Presiden Ir. Joko widodo mengusulkan kepada Provinsi Jawatimur pada saat acara rapat khusus beberapa hari yang lalu, Bahwa harus dikembangkan lagi di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru, Yakni pembangunan kereta gantung dilokasi wisata Bromo Tengger Semeru segera terealisasi dan berencana memperbaiki sejumlah fasilitas di sekitar kawasan wisata Gunung Bromo.

Oleh karena itu, Pemprov Jatim terus berupaya akan memberikan kenyamanan serta memuaskan para wistawan yang telah menikmati pemandangan sunris dan sunset di lokasi Bromo Tengger Semeru,"Ungkapnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement