“Smart Kampung” Banyuwangi diLombakan


BANYUWANGI - Dalam ragka melayani masyarakat untuk pengurusan surat-surat denagn cepat dan nyaman, dan memberikan edukasi pada masyarakat sehinga bisa cerdas/pandai di kabupaten Banyuwangi. maka bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas MSi membuat program Smart Kampung sebagai  pelayanan masyarakat berbasis IT.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Banyuwangi melalui kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid)“ Trey. FM “ dikomfirmasi Soerabaia NewsWeek dikantornya menjelaskan ; Bahwa pengertian Smart Kampung adalah konsep pengembangan pelayanan masyarakat dalam suatu komonitas untuk melakukan sesuatu secara cerdas/pintar/bijak/cepat, berbasis IT.

Semua itu dengan tujuan (1). Untuk meningkatkan program kerja setiap SKPD, agar dapat dilaksanakan secara efektif/efisien/tepat sasaran dan cepat.(2). Meningkatkan fungsi pemerintah desa dalam mendukung pelaksanaan program kerja pemerintah Kabupaten.(3). Meningkatkan fungsi pelayanan kepada masyarakat agar dapat langsung dinekmati oleh lapisan masyarakat paling bawah.

4). Meningkatkan partisipasi, dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan program kerja pemerintah kabupaten.5). Memudahkan masyarakat untuk mwndapatkan pelayanan secara terpadu. Dalam ruang lingkupnya diprioritaskan dalam bidang; A).Pelayanan public. B) Pemberdayaan ekonomi. C) Kesehatan. D) Kemiskinan.E) Informasi hukum. F) Pendidikan seni dan budaya dan peningkatan kapasitas SDM.

Pelaksanaan smart kampung dilakukan secara bertahap dan diprioritaskan kepada desa dan kelurahan yang memenuhi kualifikasi. Sedangkan kwalifikasi yang harus dipenuhi ;

WIFI Gratis tanpa password. 2) Tempat bermain anak. 3) Sudut baca/Perpustakaan desa. 4) Sedekah oksigen/ Tanaman/Pohon. 5) Penjaga kantor 24 jam. 6) Toilet Bersih. 7) Pintu Gerbang Buka 24 Jam. 8) Honor Satgas Pemburu Kemiskinan. 9) Paan Informasi / Keterbukaan. 10) Ruang Laktasi/Menyusui anak. 11 ) Lampu Penerangan Kantor. 12) Rumah Difabel. 13) Layanan Berbasis IT dan  14) Kotak Pengaduan Masyarakat.

Smart Kampung setiap tahunnya diadakan lomba, pada tahun 2019 pada bulan Juli dimulai pada hari Rabu (17/7) s/d hari Rabu (24/7) di mulai penilian. Yang diikuti 24 desa dari 24 kecamatan yang dimulai dari ; 1) Desa Segubang/Kec.Licin. 2) Desa Tambong/Kec.Kabat. 3) Desa Mangir/Kec.Rogojampi. 4). Desa Sukojati/Kec.Blimbingsari. 5). Desa Temuasri/Kec. Sempu. 6) Desa Setail / Kec. Genteng. 7) Desa Sumbergondo / Kec. Glenmore. 8) Desa Kalibaruwetan / Kec. Kalibaru. 9) Desa Sumbermulyo / Kec.Pesanggaran. 19. DesaSambirejo / Kec. Bangorejo. 11) Desa Purwosari / Kec.Tegaldlimo. 12). Desa Kesilir / Kec.Siliagung.

13) Desa Alasbulu / Kec. Wongsorejo. 14) Desa Pesucen / Kec. Kalipuro. 15) Desa Grogol / Kec. Giri. 16) Desa Paspan / Kec. Glagah. 17) Desa Singolatren / Kec. Singojuruh. 18) Desa Sumberbulu / Kec. Songgon. 19). Desa Kebaman / Kec. Srono.20) Desa Kemendung / Kec. Muncar. 21) Desa Cluring / Kec. Cluring. 22) Desa Jajag / Kec Gambiran. 23) Desa Dasri / Kec. Tegalsari. 24) Desa Purwoharjo / Kec.Purwoharjo.

JTim juri dari SKPD yaitu; Dinas Lingkungan Hidup (DLH).Keminfo.Perpustakaan dan Kearsipan. Dinas Pendidikan Bag.Keorganesasian. dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terdiri;  Kabid Trey. Shuri. Kenedy dan Edy. 

Dan yang dinilai : Bidang Pendidikan - Bidang Kwalitas Pelayanan Publik - Bidang inovasi Pelayanan Publik.- Bidang Pemmanfatan Tehnologi Informasi – Bidang Pengelolahan Sampah dan Lingkungan – Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Data – Bidang Fasilitas Pelayanan Publik (permainan anak. Disable.ruang tunggu yang presentatif, papan pengumuman, taoilet bersih) - Bidang Pengembangan Ekonomi Desa - Bidang Perencanaan Pembangunan inovasi dan -  Pelayanan.
 
Tujuan diadakan lomba Smart Kampung ini untuk sejauh mana program Smart Kampung ini, dan Smart Kampung ini merupakan pelayanan public berbasisi onlie, sehingga masyarakat bisa mengurus surat dukumennya bisa hanya dikantor desa saja dan tidak usah harus ke Banyuwangi kota dan selesai permasyalahan.

Juga untuk mengetahui progres desa-desa apa benar menjalankan program smart kampung yang sangat baik ini. , sehingga masyarakat bisa dilayani dengan baik,cepat dan nyaman. Seharusnya smart kampung sudah dijalani oleh 189 desa yang ada di kabupaten Banyuwangi. akan tetapi ada beberapa desa yang masih belum siap. Ungkapnya. (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement