Kenjeran Sampah Kiriman, Pemkot Surabaya Gelar Kerja Bhakti Massal


Surabaya - Untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-74 Tahun , Pemerintah Kota ( Pemkot ) Surabaya,  Jumat ( 9 / 8/ 2019 ) akan melakukan kegiatan kerja bhakti masal. Adapun kegiatan ini akan terbagi  8 zona. Setiap zona akan di koordinatori oleh Camat setempat. Dan masing – masing zona minimal akan di ikuti 750 orang.

Kepala Bidang ( Kabid ) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau ( DKRTH ) Pemkot Surabaya Agus Hebi menjelaskan, kegiatan kerja bhakti ini akan melibatkan 5066 orang. Namun Ibu Walikota menghendaki sebanyak 10.000 orang.

“Selain staf Pemkot Surabaya, juga ada dari TNI, LSM pemerhati lingkungan dan siswa. Diharapkan masyarakat juga bisa bergabung dalam kegiatan tersebut. Sebenarnya kami menghendaki yang hadir minimal 6000 orang,” papar Agus Hebi.

Dalam kegiatan ini, lanjut Agus Hebi,pihaknya akan menyiapkan sarana dan prasarana. Nantinya sebisa mungkin tidak mengunakan plastik. Kita akan menimalisasi sarana dan prasarana yang mengadung plastik.

“Jadi kemarin juga sudah rapat, kita menghimbau kepada peserta bahwa, tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman yang kemasan plastik. Sebab akan menimbulkan sampah, ini jangan sampai,” ujar Kabid DKRTH, Pemkot Surabaya.

Dia menambahkan,hasil kegiatan kerja bhakti ini mengunakan keranjang dan hasil sampahnya nanti ditimbang dan hasilnya berapa. Karena memang semua kerja bhakti seluruh Indonesia. Itu aturannya seperti itu dari Kementerian Lingkungan Hidup.

“Memang aturan kerja bhakti massal seperti itu, hasilnya dilaporkan ke Walikota. Baru nanti diteruiskan di kementerian, setelah selesai laporan selesai, baru sampahnya kita buang,” tandasnya.

Di singgung kenapa tempat kerja bhakti ini harus di Kenjeran, Agus Hebi mengatakan, bahwa sampah di Kenjeran itu hampir 60% keatas. Ia menjelaskan sampah yang ada di kenjeran itu, adalah sampah kiriman.


“Setelah dibersihkan, dua hari lagi ada sampah baru, tapi itu bukan sampah orang Surabaya. Itu sampah kiriman, kalau dibiarkan sampai setahun. Sampah itu pastik akan menumpuk banyak,” tambahnya.( Ham ) 

Posting Komentar

0 Komentar