Sambut 10 Muharram, Kelurahan Wiroborang Santuni Sejumlah Anak Yatim


PROBOLINGGO - Meneladani apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam memasuki bulan Muharram dengan melakukan kegiatan yang banyak mengandung keberkahan. Selain berpuasa, menyantuni anak yatim adalah salah satu amalan sunah yang disarankan Rasul saat bulan pertama pada penanggalan Hijriah yakni saat bulan Muharram.

Saran Rasul menyantuni anak yatim selain puasa Asyura, jadi tradisi yang disebut Lebaran anak Yatim. Hal ini yang diwujudkan oleh Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan kota Probolinggo dalam memasuki 10 Muharram tahun ini dengan melakukan kegiatan pemberian santunan pada sejumlah anak yatim, Selasa (10/9). Kegiatan yang dilangsungkan di RW.01 kelurahan Wiroborang ini dihadiri oleh Camat Mayangan M. Abas, Forkopimka, Lurah Wiroborang, Ketua RW/RT, Tokoh Agama dan Masyarakat, Warga serta sejumlah anak yatim.

Menurut Ketua panitia dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan pemberian santunan dibulan Muharram setiap tahunnya diadakan secara swadaya oleh masyarakat yang tersebar dibeberapa RW se Kelurahan tersebut. “Panitia punya target dalam upaya menyantuni anak yatim piatu dibulan Muharram ini dan Alhamdulillah bisa tercapai.”ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia mendapat donasi dari seluruh warga di kelurahan Wiroborang sebesar Rp. 59.889.000,- dan disalurkan kepada anak yatim sebanyak 45 orang dengan rincian dari RW.01 : 5 anak, RW.02 : 9 anak, RW.03 : 20 anak dan RW.04 : 11 anak.

Handoko, selaku Ketua RW.01 Keluarahan Wiroborang dalam sambutannya mengatakan bahwa santunan untuk yatim piatu ini diadakan rutin setiap tahun dan tempatnya bergantian disetiap RW se kelurahan ini. “Kami berharap dengan adanya kegiatan yang sudah berlangsung puluhan tahun ini, keberlangsungannya akan terus dipertahankan. Anak-anak yatim yang kami santuni diharapkan tumbuh semangat untuk mengahadpi masa depan yang lebih baik dan RT RW terus mengawal dalam kelembagaan ini serta tetap bersemangat.”ujar ketua RW 01.

Sementara Muhammad Abas S.Sos, M.Si selaku Camat Mayangan dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kelurahan Wiroborang ini “Adalah hal luar biasa yang dilakukan oleh kelurahan ini, terutama RW.01 yang bisa memelopori adanya kegiatan dibulan Muharram ini. Menyantuni anak yatim merupakan hal positif dan menjadi tuntunan nabi Muhammad SAW yang sunnah kita laksanakan demi mendapatkan berkah di bulan penuh barokah ini. Mudah-mudahan kegiatan ini akan terus dapat dilangsungkan dan tentunya kegiatan santunan ini akan membawa keberkahan bagi kita semua.”ungkap Camat Mayangan.

Ditempat yang sama, Hariyadi selaku tokoh masyarakat di kelurahan tersebut saat dimintai komentar terkait kegiatan tersebut menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh warga yang melaiputi empat RW di Kelurahan Wiroborang ini merupakan hal yang patut diapresiasi. “Pemberian santunan ini diharapkan akan dapat bermanfaat bagi anak yatim yang menerimanya dan keberkahan akan dapat dirasakan oleh semua warga di kelurahan ini.”jelasnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar