Sekda Buka Kick Of Meeting dengan Tim Verifikasi Lapangan Pusat


BATULICIN -Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekdakab. Tanbu) H. Rooswandi Salem membuka Kick Of Meeting dengan Tim Verifikasi Lapangan Pusat dan Tim Percepatan Pencegahan Stunting.

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Bersujud Selasa (10/09/19) itu menghadirkan pihak Kemeskes RI. Dengan tujuan melakukan verifikasi menuju  Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan Kabupaten Kota Sehat dan Percepatan Pencegahan Stunting, adalah merupakan program kerja Nasional dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Tentunya Pemerintah Daerah sangat mendukung program ini.
karena sejalan dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, untuk mencapai masyarakat Bumi Bersujud yang sejahtera, yakni masyarakat yang mempunyai taraf hidup yang baik,"kata Sekda. 

Dia menyampaikan, untuk menuju KKS ini Pemerintah Daerah agar terus berupaya mewujudkannya.

"Di antaranya, dengan membentuk Tim Pembina Kabupaten Sehat, melalui SK Bupati Tanah Bumbu nomor 188.46/112/Bappeda/2019, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, di RSUD Andi Abdurahman Noor dan Puskesmas Sebamban II, membentuk Forum Kecamatan Sehat dan TPS3R Bina Banua Desa Baroqah, Pembinaan Sekolah sehat di SMA Negeri 1 dan SD Negeri 1 Tunkarang Pangeran Kecamata Simpang Empat, serta membentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) Karang Indah Kecamatan Angsana,"bebernya.

Lanjutnya, berbagai upaya  telah dilaksanakan Pemerintah Daerah dalam rangka mendukung konvergensi percepatan penanganan stuting, dengan melaksanakan 5 aksi konvergensi Penanganan stunting dari 8 aksi, yakni: Analisis situasi, Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting, Perbub Kewenangan Desa, dan Pembinaan KPM.

Selain itu, pihaknya turut menjalin kerja sama dengan Yayasan Budha TSE Chi Sinarmas, dalam penanganan stunting di Desa Batu Ampar Kecamatan Simpang Empat.

"Adapun bentuk kerjasama tersebut adalah pemberian alat kesehatan, pelatihan kader posyandu, pemberian bibit tanaman sayur-sayuran untuk pekarangan, Penyuluhan budi pekerti dan pola asuh anak, serta pembuatan sarana sanitasi,"tandasnya.

Dia menambahkan,melalui pelaksanaan Kick Of Meeting ini, diharapkan agar para peserta dapat menyamakan persepsi dan saling bersinergi dalam menyusun program atau kegiatan, dalam rangka percepatan penanganan stunting, guna mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Kabupaten Sehat. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement