KPM Tanbu Terima Bantuan Pangan Non Tunai


BATULICIN - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 1019.Hal ini adalah bentuk kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Bulog dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Batulicin.

Dengan diterimanya program BPNT ini ditandai dengan Louncing sekaligus penyerahan bantuan tersebut melalui Wakil Bupati Tanbu H. Ready Kambo, kepada tiga orang warga penerima manfaat. Kamis (10/10/2019) bertempat di Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin.

BPNT merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI dalam bentuk non tunai yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya. Selain itu, BNPT sendiri merupakan transformasi bantuan pangan beras sejahtera (Rastra)  yang kini  beralih ke bantuan pangan non tunai.

Dikatakan Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni.  Masing-masing keluarga penerima manfaat mendapat bantuan pangan yang nilainya Rp. 110.000/perbulanya. Adapun bantuan pangan yang diserahkan berupa beras dan telur bebek/ayam senilai Rp. 110.000. Menurut Basuni, penerima Program BPNT se-Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 9.607 KPM terdiri dari PKH dan Non PKH.

Terkait Launching BPNT di Kabupaten Tanah Bumbu diawali penyerahan bantuan untuk warga Desa Sukamaju sebanyak 17 KPM, Maju Bersama 55 KPM, dan Maju Makmur 52 KPM di Kecamatan Batulicin. “Khusus Kecamatan Batulicin ada sebanyak 642 KPM dari 9 Desa,” ujarnya.

Setelah launching ini, akan dilanjutkan dengan penyerahan BPNT untuk desa-desa lainnya di Tanah Bumbu. Bersamaan itu lanjutnya, turut dilakukan Peluncuran Kartu Sejahtera BPNT guna memastikan program tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi.

"Diharapkan dengan bantuan pangan ini akan meningkatkan pemberian gizi yang lebih layak serta memberikan akses keuangan bagi warga dalam peningkatan kesejahteraan,"imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati H Ready menyampaikan program BPNT merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan. Dengan adanya program ini diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar