Tanbu Peringati Sumpah Pemuda

 
BATULICIN - Jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu turut menggelar peringatan hari Sumpah Pemuda ke 91. Peringatan ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju".

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda terikrar pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda,bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita cita bangsa.

Bertindak selaku inspektur upaca peringatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem. Bertempat dihalaman Kantor Bupati Senin (28/10/19).

Dikatakannya, peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah momentum  kemajuan pemuda melalui kecepatan informasi menuju peningkatan sumber daya manusia Indonesia.

Meski demikian sambungnya, Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi,sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. 

"Sisi lain  perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi informasi yang bersifat destruktif mulai pornografi,narkoba pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,"ungkapnya  saat membacakan amanat Menpora RI.

Pemuda berkarakter yang tangguh lanjutnya adalah pemuda memiliki karakter moral dan karakter kinerja. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan mumpuni serta selalu berinovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

"Peringatan tema kali ini mengusung "Bersatu Kita Maju" hal ini diperuntukkan seluruh elemen bangsa, tapi bagi pemuda menjadi keharusan ,kerena ditangan pemuda lah indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi,inspiratif dan bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia, "jelasnya.

Dia menambahkan, disaat ini belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola piikir yang serba cepat dan serba instan. Disamping itu mudahnya akses terhadap sosial media telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak anak muda lintas negara,lintas budaya dan lintas agama,sementara interaksinya di media sosial berjalan real time 24 jam. 

"Disini diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun,tentunya dalam hal yang positif.Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara dan harus berani menaklukkan dunia.Saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh muda yang mendunia ,"imbuhnya.

Sementara itu peringatan sumpah pemuda dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Sadariah dan Ketua DWP Tanbu Hj. Mulyawati. Turut hadir   perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat.serta BUMN dan Para OKP maupun Ormas setempat.(fan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement