Hiasi Layanan Publik Mayangan Berlari dengan Sajian Bazar dan Seni Tradisional

Sekda kota drg Ninik Ira W didampingi Camat Mayangan  saat mencoba lesung yang biasa digunakan sebagai sarana alat musik.

PROBOLINGGO - Bertempat di depan kantor Kecamatan Mayangan di Jalan Ikan Paus, Bazar Pelayanan Majengan Berlari (Biaya Gratis Layanan Malam Hari) ketiga di tahun 2019 kembali digelar Kecamatan Mayangan, Senin (18/11) malam. Berbagai pelayanan, pameran produk UMKM dan hiburan dapat dinikmati dilokasi berlangsungnya kegiatan.

Di sepanjang jalan didapati bazar pelayanan dari lima kelurahan di Kecamatan Mayangan yaitu Mangunharjo, Jati, Mayangan, Sukabumi dan Wiroborang. Selain kelurahan juga terdapat pelayanan kesehatan dari klinik dan puskesmas yang ada di wilayah Mayangan. BPJS, PMI, Polsek Mayangan, Kodim 0820 pun tak ketinggalan menjadi pengisi bazar layanan.

Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati M.QIH yang mewakili Wali Kota Hadi Zainal Abidin, didampingi Camat Mayangan M. Abas dan Ketua TP PKK Mayangan Reni Abas meninjau stand satu per satu dan berbincang dengan mereka di stand, termasuk beberapa UMKM binaan kecamatan Mayangan.

“Kegiatan ini perlu diapresiasi sangat tinggi, bazar pelayanan Majengan Berlari. Banyak pelayanan kesehatan, PMI, klinik bhayangkara, BPJS, BPPKAD, Samsat dan semua pihak, terima kasih sekali sudah ikut dalam bazar pelayanan di Kecamatan Mayangan ini,” ujar Sekda Ninik yang mengaku terkesan dengan partisipasi berbagai pihak.

Sementara itu, Camat Mayangan M Abas S.Sos, M.Si mengungkapkan, pihaknya ingin memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat dan ingin mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya. Maka diciptakanlah program Majengan Berlari sejak tahun lalu berlansung hingga sekarang.

“Majengan Berlari, biaya gratis layanan malam hari. Berlari ini bisa berarti kami ingin yang terbaik, terdepan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Kami juga ingin meningkatkan pelayanan dengan melibatkan seluruh unit layanan OPD, swasta bisa secara terpadu memberi pelayanan di malam hari,” Ujar Camat Mayangan.

Abas bersyukur karena respon instansi yang ia gandeng begitu luar biasa. Klinik Bhayangkara, puskesmas dan Jasa Raharja pun memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat. “Di bazar pelayanan ini kami sekaligus mengenalkan UMKM yang selama ini jadi binaan di kecamatan untuk bisa mempromosikan produk unggulannya,” kata camat yang punya kesenian tradisional binaan ini.

Camat Abas juga sempat menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat di sekitar lokasi bazar, jika kegiatan tersebut menganggu aktifitas warga lainnya. “Ya, kami mohon maaf. Namun kami melaksanakan kegiatan ini semata-mata untuk masyarakat. Dengan harapan perekonomian di sekitarnya sedikit demi sedikit ikut bergeliat,” imbuhnya. 

Dalam even ini, nampak sejumlah kelurahan juga turut berpartisipasi memberikan pelayanan pada masyarakat di wilayahnya yang rela datang ke Jalan Ikan Paus. Berbagai pelayanan yang dibutuhkan warga dilayani secara professional layaknya layanan dikantor. Kebanyakan warga mengurus legalisir, surat kematian, IMB, akte kelahiran hingga surat izin usaha. 

“Mudah-mudahan program ini terus berkelanjutan. Hal ini semata ingin memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat khususnya warga Kecamatan Mayangan. ”ungkap Camat mayangan, M Abas saat ditemui usai pembukaan acara tersebut. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement