Berhenti Malaut, Pemkot Surabaya Beri Bantuan Beras Kepada Nelayan



Surabaya- Adanya perubahan cuaca  ekstrem ini, Walikota Surabaya terus melakukan sosialisasi diberbagai pihak, kali ini Pemkot Surabaya menggelar kegiatan sosialisasi dan pembinaan kepada para nelayan pesisir di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Romokalisari, Benowo Kota Surabaya, Rabu (08/01/2020).

Dalam sambutannya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca dalam seminggu ke depan diprediksi tidak bagus. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para nelayan agar, memperhatikan kondisi cuaca terkini sebelum berangkat melaut.

“Saya sedih kalau ada warga saya yang kena musibah. Karena itu, tolong sekali lagi saja saya titip, kalau cuaca kondisi buruk, tolong jangan dipaksakan untuk melaut,” papar  Wali Kota Risma saat memberikan pengarahan kepada para nelayan.

Sebelum nelayan berangkat melaut, lanjut Risma, ia mengimbau kepada mereka agar, melihat Weather Information Display (WID), untuk mendapatkan informasi seputar kondisi cuaca.

Videotron atau WID tersebut, dapat membantu mereka mendapatkan informasi tentang keselamatan perairan. Sebagaimana dapat digunakan sebagai acuan untuk pergi menangkap ikan.

“Yang biasanya panjenengan (anda) akan berangkat ke laut, panjenengan bisa melihat nanti (WID). Kenapa ini penting, karena ini untuk keselamatan panjenengan semuanya,” ujarnya.

Dia berharap kepada para nelayan agar, hal ini dilakukan tidak hanya beberapa hari ke depan. Pihaknya berharap, para nelayan itu terus memanfaatkan WID sebelum berangkat melaut.

“Ini saya berharap berlanjut seterusnya, bukan hanya untuk seminggu ini. Saya harap panjenengan (anda) tetap melihat (WID) itu,” imbuhnya.

Namun demikian, selama para nelayan tersebut berhenti melaut karena kondisi cuaca buruk, Pemkot Surabaya memberikan bantuan berupa beras untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

“Kalau misalkan nanti cuacanya jelek, panjenengan (anda) tidak bisa melaut, saya coba memberikan bantuan sedikit, ada beras yang bisa panjenengan gunakan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, secara simbolis, Wali Kota Risma juga menyerahkan bantuan berupa beras kepada para nelayan untuk kebutuhan sehari-hari mereka selama tidak bekerja melaut, karena kondisi cuaca yang buruk. ( Ham )

Lebih baru Lebih lama
Advertisement