Prestasi SMKN 2 Periode 2019 Patut Mendapat Apresiasi


Drs Sunardi MM KS SMK 2 kota Probolinggo bersama M Sukardi, S.Ag Ketua Komite SMK.

PROBOLINGGO - Kemampuan lembaga pendidikan dalam menerapkan pembelajaran yang sanggup memberi dasar kemajuan pada para siswanya, merupakan hal yang patut memperoleh apresiasi dari berbagai pihak terutama pemerhati pendidikan yang ada disatu wilayah. Kenyataan ini yang tetap dipegang teguh  Sekolah Menengah kejuruan Negeri (SMKN) 2 kota Probolinggo dalam menciptakan siswa dengan kemampuan skill dasar teknik kejuruan yang memadai, dan diyakini  lulusan sekolah ini akan mampu berkiprah mengembangkan kemampuannya saat berada dilingkungannya

Hal ini yang juga disampaikan oleh Drs Sunardi MM, Kepala Sekolah SMKN 2 kota Probolinggo saat ditemui beberapa waktu lalu. Menurutnya pesatnya persaingan disejumlah lembaga pendidikan setidaknya menjadi motivasi bagi masing-masing sekolah untuk mencari solusi dan inovasi guna menciptakan siswa yang berkarakter dan menguasai Iptek dan Imtaq secara total. Inilah yang menjadi program di SMKN 2 kota Probolinggo dan sekaligus sebagai wujud mengimplementasikan juknis dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam program Penguatan pendidikan karakter dan tentang 8 jam belajar dalam sehari, selama lima hari kerja.

Metode pembelajaran disekolah kejuruan ini, yang menggunakan konsep pendekatan secara persuasif pada siswa, dengan harapan anak didik dapat dengan cepat menyerap semua materi pelajaran utamanya yang berkaitan dengan kejuruan yang diminatinya. “Secara periodik kita evaluasi hasil penerapan pendidikan yang ada disekolah ini. Kita duduk bersama dewan guru guna mendengar dan menyampaikan hasil evaluasi pembelajaran minimal dalam setiap semester.”Ujar Sunardi.

KS SMKN 2 kota Probolinggo, Drs Sunardi MM saat menerima kunjungan dari lembaga pendidikan lain.

Ditambahkan oleh Kepala sekolah yang cukup lama memimpin dilembaga kejuruan ini, selain meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa siswinya, adanya sarana pendukung seperti gedung dan lainnya terus dikembangkan bahkan sarana ibadah berupa masjid hasil renovasi kini telah berdiri. “Pengembangan sarana dan prasarana ini berkat partisipasi dan kerjasama walimurid dan semua elemen yang dengan ikhlas mendukung dan memberikan bantuan guna terwujudnya apa yang menjadi kebutuhan murid.”tambahnya.

Tak berlebihan apabila prestasi yang ditorehkan oleh sekolah ini direspon dengan baik khususnya Kemedikbud. Secara kelembagaan, SMPKN 2 kota Probolinggo selama 2019 telah menorehkan prestasi yang cukup membanggakan antara lain,  Prestasi Kepala Sekolah yakni memperoleh predikat best Award 2019 (Proudly Present Indonesia)  dan Outstanding Figure and Inspirational Leader The Year 2019. Sedangkan Pengembangan Sekolah antara lain ;  Akreditasi BANSM kategori “Unggul”, Manajemen Sekolah Berbasis SPMI SMP (Sistem Penjamin Mutu Internal), Pengembangan Sekolah sebagai Sekolah Rujukan, Kompetensi Lulusan berbasis Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Kemudian penghargaan Pengembangan Bahan Praktek Mengacu Revolusi Industri 4.0, Sistem Pembelajaran dan Penilaian berbasis Digital, Peningkatan Kompetensi Guru melalui Magang Industri (Petro, PJB, Daihatsu, Mengembangkan Kompetensi dan Profesi siswa bidang Bahasa Inggris melalui Test TOEIC,  Melihat bakat minat siswa melalui TBS (Test Bakat Skolastic), Peningkatan Guru Pemesinan melalui Magang Kompetensi CNC Miling dan Welding.

Selain fokus pada program pendidikan akademis, sekolah ini juga mengikutinya dengan peningkatan prestasi non akademis dengan menggali potensi yang dimiliki siswanya. Tak berlebihan dalam satu tahun kebelakang (2019), sejumlah prestasi berhasil diraih oleh SMKN 2 baik tingkat lokal, regional maupun nasional. Adapun prestasi yang dimaksud yakni ;  Juara 1 Putri Turnamen Bola Voli PGRI CUP 2019 (Guru) Trophy dan Uang Pembinaan, Juara 3 Putra Turnamen Bola Voli PGRI CUP 2019 (Guru) Trophy dan Uang Pembinaan, Anugerah Prestasi Indonesia SMK Terbaik dan Unggul (Kepala Sekolah) Trophy, Juara 1 Turnamen Bola Voli Diesnatalis STIE Widya Gama Lumajang Trophy Sertifikat dan Uang Pembinaan, Juara 2 Putra Kejuaraan Karate FORKI CUP 2019 Trophy dan Uang Pembinaan,  Juara 2 Putri Kejuaraan Karate FORKI CUP 2019 Trophy dan Uang Pembinaan,  Juara 2 Lomba Lari 1500 M Putri Kejurnas 2019 Medali Perak.

Kemudian sebagai Juara 3 Lomba Lari 3000 M Putra Kejurnas 2019 Medali Perunggu, Juara 3 Lomba Lari 4 x 100 M Putra Kejurnas 2019 Medali Perunggu, Juara 2 Kejurprov Panjat Tebing Kategori Speed Putri Medali Perak,  Juara 2 Kejurprov Panjat Tebing Putra Lead Putri Medali Perak, Juara 2 Kejurprov Panjat Tebing Kategori Speed Putra Medali Perak, Juara 3 Kejurprov Panjat Tebing Kategori Speed Putra Medali Perunggu, Juara 3 Duta Remaja Putri Bebas Anemia Trophy dan Uang Pembinaan, Formasi Terbaik LKBB AGRA Tingkat Jawa Timur Trophy Sertifikat dan Uang Pembinaan,  Juara 1 Mechanical Enginering LKS Wilker 2 Jatim 2019 Trophy Sertifikat,  Juara 1 Autocard Building LKS Wilker 2 Jatim 2019 Trophy Sertifikat, Juara 1 Refrigation AC LKS Wilker 2 Jatim 2019 Trophy Sertifikat, Juara 1 Electronic LKS Wilker 2 Jatim 2019 Trophy Sertifikat, Juara 3 Electrical Instalation  LKS Wilker 2 Jatim 2019 Trophy Sertifikat serta Juara 2 Lomba Dance Pasar Rakyat BRI Probolinggo 2019 Trophy dan Uang Pembinaa. “Diharapkan prestasi ini akan terus meningkat, minimal dipertahankan eksistensinya.”Ungkap Drs Sunardi MM, KS SMKN 2 kota Probolinggo mengakhiri perbincangan dengan Surabaia News Week. (Suh
Lebih baru Lebih lama
Advertisement