Desa Manunggal Dapat Pembinaan Bank Sampah


BATULICIN – Pembinaan Bank Sampah mengarah pada Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang. Kegiatan ini merupakan monitoring dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu).  Pembinaan Bank sampah ini di gelar Kamis (26/03/2020) kemarin.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Tanah Bumbu melalui Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Siti Fatimah mengatakan, pembinaan dan monitoring bank sampah bertujuan untuk memotivasi para pengurus bank sampah sehingga terbentuk bank sampah yang mandiri. Selain itu juga untuk memastikan kegiatan proses pengelolaan sampah berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, dari hasil monitoring, menurut Fatimah pelayanan sampah di Desa Manunggal sudah berjalan sampai pada proses membeli dan memilah sampah dari individu masing-masing rumah tangga. Terkait manfaat, Fatimah mengatakan melalui bank sampah akan lahir kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama berprilaku hidup bersih dan sehat.

Sampah juga dimanfaatkan untuk bahan kompos, keterampilan mengolah bahan bekas menjadi bernilai ekonomis, dan manfaat lainya. “Dengan adanya bank sampah tersebut, DLH Tanah Bumbu berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah dengan baik.

Serta bagi desa yang sudah mengangarkan ADD ke pengadaan sarana prasarana persampahan agar memiliki Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan membentuk bank sampah dari tingkat RT maupun desa,” harapnya. Untuk diketahui, saat ini selain Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe juga telah membentuk bank sampah. (maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement