Kelurahan Triwung Lor Maksimalkan Penanganan Covid-19 Dengan Berbagai Kegiatan


PROBOLINGGO - Upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang dilakukan pemerintah kota Probolinggo terus digalakkan hingga ke tingkat kelurahan, hal ini seperti  yang dilaksanakan oleh Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan kota Probolinggo. Seperti diketahui, garda terdepan dalam penanganan virus Corona di setiap kelurahan ditanangi oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) termasuk pengadaan peralatan dan barang menyangkut kebutuhan berkaitan dengan Covid-19.

Menariknya dikelurahan tersebut, pokmas ternyata memberdayakan unsur PKK mengingat dalam PKK telah terstruktur yang diantaranya ada kader kesehatan, kader lingkungan dan peran serta masyarakat dalam mendukung penanganan Covid-19 ini. “Kenapa kita menggunakan PKK dalam hal ini, Kita pingin gerak cepat dalam penanganan Covid-19, termasuk kader kesehatan di unsur PKK langsung turun ke lapanagan pada kegiatan penyemprotan. Kader-kader PKK Sesuai Perda, jika PKK ini bisa melaksanakan kegiatan Pokmas.”Ujar Ketua Pokmas Kelurahan Triwung Lor yang juga dibenarkan oleh Ririn Aprilia, Kasie Pemas Kelurahan tersebut.

Perlu diketahui bahwa dalam upaya penanganan Covid-19 di kelurahan ini, tercatat telah beberapa kali dilakukan kegiatan penyemprotan di 4 RW dan mencakup 40 RT di kelurahan Triwung Lor. Selain penyemprotan, ternyata juga dilakukan pembagian ribuan masker, hand sanitizer serta pengadaan tempat cuci tangan.

Sementara Lurah Triwung Lor, Yanuar Puji Sulistyo S.Sos, MM saat diwawancarai terkait giat penanganan Covid-19 diwilayah yang dipimpinnya, mengatakan dengan adanya percepatan penanganan virus Corona  akan tercipta lingkungan Masyarakat yang sebisa mungkin  bebas dari virus corona atau viru s lainnya yang salah satunya dengan melakukan penyemprotan “Dengan adanya penyemprotan itu, diharapkan virus akan mati atau melemah dan tidak bisa masuk dalam tubuh warga Triwung Lor. Selanjutnya kami juga berharap kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dari Masyarakat kelurahan ini, karena dalam kegiatan tersebut juga ada sosialisasi terkait bagimana kita menciptakan prilaku pola hidup sehat.”Ujarnya.

Lebih lanjut Yanuar menambahkan dengan adanya kegiatan ini, kami juga memberdayakan warga utamanya ibu-ibu yang punya keahlian membuat masker untuk membuat barang tersebut dan ini bisa menambah penghasilan, karena selama adanya Covid-19 ini mereka tidak leluasa melakukan aktifitas.  

Ditempat berbeda, Pujo Agung Satrio S.STP, M.Si selaku camat kademangan saat dimintai tanggapan terkiat kegiatan di kelurahan Triwung Lor tersebut mengatakan secara global pihaknya mengarahkan tiap kelurahan dapat menjalankan apa yang menjadi himbauan pemerintah khususnya dalam penanganan Covid-19 ini. “Setidaknya kelurahan ini (Triwung Lor) telah dapat melaksanakan apa yang menjadi arahan pemerintah terkait percepatan penanganan virus Corona diwilayah setempat. Diharapkan semangat untuk memfasilitasi apa yang menjadi kelbutuhan warga akan dapat terpenuhi, termasuk penyediaan sarana yang dapat memutus penyebaran Covid-19 di kelurahan tersebut.”Ujarnya. (Suh)  

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Alhamdulillah.. Pok mas.Pkk Triwung lor.. Semoga ttp Jaya kedepannya..

    BalasHapus