Komitmen Kelurahan Ketapang Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19



PROBOLINGGO - Masih Belum redanya pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) hingga saat ini masih menjadi perhatian khusus dari pemerintah baik pusat maupun daerah dalam menanggulanginya. Berbagai upaya dilakukan guna memutus penyebaran virus yang dinilai membahayakan manusia ini. 

Kenyataan ini termasuk yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan kota  Probolinggo. Pemerintahan tingkat paling bawah ini menyikapi pandemik Covid-19 dengan melakukan gerakan penanganan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dengan melakukan pembagian alat kebutuhan berkaitan memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

Sutrisno, Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) ARUMANIS Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan saat ditemui mengatakan upaya dalam penanganan penyebaran Covid-19 di 5 RW dan 26 RT secara serentak akan dilakukan penyemprotan Desinfektan. Penyemprotan Desinfektan disetiap RW di kelurahan ini, kami usahakan selesai dalam satu hari dalam target 6 kali penyemprotan. Jam dan hari penyemprotan telah kami rencanakan agar merata dan tidak ada celah RT yang tidak disemprot, termasuk mendistribusikan masker dan wastafel portable sebanyak 6 buah yang ditaruh di setiap RW, ujar Pokmas yang secara khusus menangani teknis dilapangan.

Mudah-mudahan keberadaan Covid-19 yang telah menjadi wabah didunia akan segera berakhir. Kami tergerak untuk berjuang bersama warga agar di kelurahan Ketapang ini tidak terpapar virus tersebut, kata Sutrisno.

Hal yang sama juga diungkapkan, Ketua Pokmas BROMO MANDIRI Drs Bambang Supriadi MM. Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh Pokmas dalam penanganan Covid-19 diwilayah kelurahan tersebut meliputi pemberian secara simbolis Hand Sprayer (alat semprot), Hand Sanitizer, Sabun Cuci dan lainnya Selain itu, melalui RT masing-masing kami berupaya mensosialisasikan terkait Covid-19. Kemudian pengadaan dan pembagian 4.350 buah masker pada warga juga menjadi agenda Pokmas. Kebetulan kelurahan Ketapang kemarin masuk zona merah, dan kami berharap setelah dilakukan penyemprotan hendaknya warga tetap menjaga lingkungan masing-masing dan protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak, cuci tangan dan seterusnya, tuturnya.

Sementara itu, Lurah Ketapang Kecamatan Kademangan kota Probolinggo, Zainul Faruk S.Sos saat diwawancarai terkait kegiatan penanganan Covid-19 diwilayah yang dipimpinnya mengatakan dengan adanya kegiatan yang bertujuan memutus penyebaran virus tersebut, diharapkan masyarakat disetiap RW dan RT dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukannya. Bantuan baik bersifat sosial maupun berupa peralatan hendaknya warga dapat menjaganya dengan baik, ucap Lurah Ketapang. 

Terkait kegiatan penanganan Penyebaran Covid-19, Camat Kademangan kota Probolinggo, Pujio Agung Satrio S.STP, M.Si saat ditemui mengatakan bahwa pihaknya  berupaya dalam aksi penanganan Covid-19 ini dapat semaksimal mungkin terlaksana. Upaya kami dalam memutus penyebaran Covid-19 khususnya di kecamatan Kademangan ini, kami selalu mengedepankan koordinasi pada setiap kelurahan agar penanganan virus ini secara maksimaldapat terlaksana sesuai rencana. Melalui Pokmas, kami percaya apa yang menjadi harapan pemerintah dalam upaya memutus penyebaran virus yang dimaksud dapat terealisasi dengan baik dan manfaat bias dirasakan oleh warga, tambahnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar