Kunjungi Kampung Nelayan,Bupati Minta Pemanfaatan Pekarangan Tingkatkan Kesejahteraan Warga


BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor didampingi Ketua TP PKK Hj Sadariah mengunjungi Kampung Nelayan Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui, Selasa (07/07/2020). Kunjungan ini dalam rangka Pembinaan Pemanfaatan Tanah Pekarangan di kampung nelayan tersebut. Nampak tersedia di beberapa halaman rumah warga, bibit tanaman yang siap ditanam.

Turut berhadir dalam kegiatan itu anggota DPRD Tanbu, para Kepala SKPD, Camat Satui beserta unsur Muspika, para Kepala Desa di Kecamatan Satui, Perwakilan Perusahaan serta para Tokoh Agama dan Masyarakat.

Mewakili warga, H Bahrian yang tinggal di RT 3 Desa Sungai Cuka mengungangkan rasa terima kasih dan penghargaan atas berbagau program pemerintah yang dilaksanakan di desa itu. “Yang mana program itu menjadi penyemangat bagi warga dalam menuju kehidupan yang lebih baik,” paparnya.

Beberapa program yang telah dilaksanakan diantaranya peningkatan fasilitas wisata di Pantai Batu Buaya, pemasangan lampu jalan, pembangunan pasar, serta pengaspalan jalan poros desa. “Alhamdulillah, harapan itu sudah terwujud. Kami akan merawat, menjaga, apa yg telah diberikan kepada kami. Semoga hal ini akan menjadi berkah bagi kita semua,” pungkas Bahrian.

Senada dengan warganya, Kepala Desa Sungai Cuka Masrifay melaporkan, pengaspalan jalan poros desa merupakan hal yang telah dinantikan warga Desa Sungai Cuka. “Dikerjakan mulai Januari dan rampung di bulan Maret, ini luar biasa. Mudahan jalan ini bisa bermanfaat dan menambah pendapatan masyarakat desa kami dan juga Kecamatan Satui,” ungkapnya.

Masrifay juga berharap, melalui kunjungan Bupati H Sudian Noor ke Desa Sungai Cuka akan menjadi penyemangat bagi warga untuk terus giat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Bupati H Sudian Noor dalam sambutannya atas penyambutan yang luar biasa istimewa dari warga Desa Sungai Cuka. “Kunjungan ini adalah bentuk silaturahmi, karena dibalik silaturahmi ada keberkahan yang akan hadir,” tutur Sudian Noor.

Terkait Pandemi Covid-19, menurutnya setiap musibah pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya. “Pemerintah menyarankan di rumah saja. Tapi kalau di rumah tanpa melakukan aktifitas yang bermanfaat, berarti tidak mendapatkan hikmahnya,” ujarnya.

Pembinaan yang dilakukan, pemanfaatan pekarangan seperti saat ini bisa diintegrasikan dengan wisata yang ada di desa. “Jadi mereka yang berkunjung ke pantai, bisa sekalian singgah dan mendapat oleh-oleh untuk dibawa pulang dari hasil pemanfaatan pekarangan,” sebutnya.

Ditengah daya beli masyarakat yang menurun seperti sekarang, Bupati mengharapkan semua pihak bisa ikut terlibat dalam penguatan ekonomi. “Ekonomi masyarakat sedang terpuruk, banyak yang berjualan tapi tidak laku. Bukannya tidak ada pembeli, tapi daya beli masyarakat sedang lemah,” jelasnya.

Karenanya lanjut Sudian Noor, Pemerintah dan pihak lainnya harus hadir memberikan bantuan bagi UKM, baik berupa stimulus maupun suntikan modal usaha. Hal ini guna menguatkan para pelaku usaha sekaligus juga meningkatkan daya beli masyarakat.

Dalam kesempatan itu, H Sudian Noor juga menyempatkan diri berdialog dengan warga. Lalu ia menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa, paket sembako, dokumen kependudukan dan bibit tanaman. Setelahnya Sudian Noor bersama Hj Sadariah kemudian menanam beberapa bibit yang dibagikan di salah satu rumah warga. (maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement