Aksi Sapta Pesona Di Pantai Angsana


BATULICIN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) menggelar aksi sapta pesona di destinasi wisata yang ada di 13 kabupaten kota di Kalsel. Sedangkan puncaknya digelar di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), yaitu di kawasan Pantai Angsana, Senin (28/09/2020) sore.

Aksi Sapta Pesona ini merupakan gerakan menjadikan lokasi destinasi wisata aman, bersih, indah, tertib, sejuk, ramah tamah dan penuh kenangan. Aksi ini juga dirangkai dengan sosialisas protokol kesehatan menuju adaptasi kebiasaan baru di objek wisata se Kalimantan Selatan.

Turut berhadir Pemerintah Kecamatan Angsana dan unsur Muspika, Kepala Desa Angsana dan Pokdarwis se Tanah Bumbu. Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Ida Saptika Dewi dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan herakan ini dimulai dari 5 September 2020 lali di Kabupaten Tanah Laut, lalu bergiliran di kabupaten kota lainnya dan berakhir di Kabupaten Tanah Bumbu.

Di hadapan Pokdarwis se Tanah Bumbu yang hadir, Ida mengharapkan kedepan seluruh destinasi wisata di Bumi Bersujud dapat memenuhi 7 unsur sapta pesona yang ada. Dengan melihat destinasi wisata lain sebagai perbandingan, maka akan diketahui unsur apa yang belum terpenuhi. Untuk kemudian diterapkan di lokasi masing-masing.

Ia meminta, saat lokasi destinasi wisata dibuka, selalu meperhatikan protokol kesehatan. Agar nantinya tidak muncul klaster baru dari destinasi wisata. Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaluddin Taher mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan pemerintah provinsi di Pantai Angsana itu.

Kegiatan seperti itu ujarnya akan menjaga interaksi antara pihak provinsi dan kabupaten. Sehingga akan terus terjalin kebersamaan yang baik antara keduanya. Senada dengan Ida, Hamal juga berharap para pelaku wisata di Tanah Bumu menerapkan sapta pesona. Dari masyarakat, aparat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Tak lupa Hamal juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan atas segala bentuk bantuan yang telah digulirkan, baik itu fisik maupun non fisik, guna pengembangan lokasi destinasi wisata di Bumi Bersujud. Bantuan itu ungkapnya, sekaligus membantu memenuhi unsur sapta pesona di destinasi wisata itu, salah satunya yaitu keindahan.

Dalam kegiatan itu, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan alat kebersihan seperti sapu, serok dan tempat sampah untuk ditempatkan di lokasi destinasi wisata. Selain itu, juga diserahkan bantuan masker sasirangan untuk dibagikan kepada pengunjung di seluruh destinasi wisata di Kabupaten Tanah Bumbu. (maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement