Wabup Tanbu: Penyuluh Agama Islam Ujung Tombak Kementrian Agama


BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo  menyampaikan.Penyuluh Agama Islam yang merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam melaksanakan penerangan agama Islam ditengah-tengah masyarakat dapat menjalankan peran strategisnya secara maksimal dalam melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama Islam.

Sehingga nantinya, terbentuk mental, moral, dan nilai ketaqwaaan umat serta turut mendorong peningkatan kualitas kehidupan umat dalam berbagai bidang baik di bidang keagamaan maupun pembangunan.

Hal ini disampaikan Wabup saat membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hisab Rukyat bagi ASN dan Non ASN di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu. Bertempat di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (20/10/2020) pagi.

Dalam kesempatan itu, kegiatan Bimtek tersebut selaras dengan salah satu prioritas pembangunan di Tanah Bumbu yakni pembangunan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas, disertai dengan nilai-nilai keagamaan dan keimanan yang tinggi.

"Guna menjaga marwah peran sebagai penyuluh agama islam setidaknya secara bersama membangun komitmen agar masyarakat merasa membutuhkan penyuluh agama islam dilingkungan manapun, "imbuhmya.

Kasi Binmas Kemenag Tanbu, H. Umar, dalam laporannya mengatakan sasaran dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan bagi para penyuluh agama Islam di Bumi Bersujud. Melalui kegiatan bimtek diharapkan kedepanya agar para penyuluh dapat melakukan tindakan nyata ditengah masyarakat khususnya tentang penentuan arah kiblat. “Syarat sahnya sholat diantaranya adalah menghadap kiblat. Namun, diantara masyarakat masih ada yang ikut-ikutan terkait arah kiblat,” ucapnya.

Setelah bimtek ini, diharapkan penyuluh ASN dan Non ASN Kemenag Tanbu dapat menerapkan ilmunya ditengah-tengah masyarakat. Ditambahkan H. Umar, para penyuluh nantinya akan melakukan kompas ulang arah kiblat dirumah masyarakat. Pada kesempatan itu, H. Umar juga menyampaikan jumlah penyuluh Kemenag Tanbu ada sebanyak 99 orang yang tersebar di 10 Kecamatan se-Tanbu. Dan Penyuluh ASN 1 orang, dan Non ASN 98 orang.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanbu H. Ahmad Kamal, mengatakan tugas penyuluh memberikan edukasi dan pembinaan keagamaan dengan santun dan ramah. Salah satunya yaitu dalam hal menentukan arah kiblat.

Ahmad Kamal berharap, kegiatan yang menambah ilmu dan wawasan bagi penyuluh agama ini dapat dilaksanakan lagi kedepanya, karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Kepada peserta Bimtek, ia berharap para penyuluh dapat mengamalkan ilmunya dan diterapkan ditengah-tengah masyarakat.

Diketahui, Narasumber Bimtek yakni Kabag TU Kemenag Kanwil Provinsi Kalimantan Selatan, H. Muslim. Kemudian, Kasi Kemesjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Kemenag Kalsel, H. Muhammad Mobarak dengan materi kalibrasi dan penentuan arah kiblat. (maiya)

Posting Komentar

0 Komentar