Lembaga Ade Ogi Jadi Pasilitator Pembuatan Ijin Secara Gratis Buat Nelayan Tanbu

BATULICIN - Nelayan Di Kabupaten Tanah Bumbu bakalan mendapatkan bantuan pembuatan ijin secara gratis. Nelayan -  nelayan yang bakalan bantuan tersebut adalah Nelayan di desa Gusunge, desa Wirittasi dan desa Sungai Lembu bakal mendapatkan sertifikasi GT 7 gratis berupa SIUP, Penampungan Ikan dan SIPI, Penangkap Ikan.

Sebagai langkah awal pembuatan sertifikat gratis tersebut KSOP Kelas III Batulicin - Kotabaru dengan Dinas Perhubungan Tanah Bumbu. Sementara Pengurus Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu sebagai fasilitator di lapangan khususnya melakukan  pengukuran kapal. Hal ini mereka lakukan pada Kamis ( 18/3/2021 ).

Ketua Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu Fawahisah Mahabatan mengatakan kepada wartawan bahwa menurut Kasi Status hukum dan sertifikasi kapal KSOP kelas III Batulicin - Kotabaru Suripto, program ini merupakan program nasional untuk kapal nelayan GT 7 kebawah yang pembuatan izinnya diberikan secara gratis. " Ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara lembaga kami dengan pemerintah dibawah kepemimpinan Pak Zairullah dan Pak Rusli," ungkapnya.

Pengurus Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu telah merencanakan gerakan inovasi, salah satunya bekerjasama dengan dinas - dinas , seperti Dinas Perhubungan dan KSOP. " Tapi kedepan kami berharap bisa bekerjasama dengan dinas Perikanan, Dinas Pertanian , Dinas Pendidikan Kebudayaan, Disporpa dan dinas yang lainnya," imbuhnya.

Karena orang Bugis juga banyak yang bekerja dibidang pertanian, tambak ikan, seni dan budaya dan olahraga serta pekerjaan-pekerjaan lain sehingga kehadiran Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan mereka dan ikut serta membangun Tanah Bumbu yang lebih maju.

Sementara itu, Kabid Dishub Tanah Bumbu Ahmad Marlan  menyampaikan terimakasih kepada Lembaga Ade Ogi, karena keterlibatan mereka telah membantu nelayan didaerah ini. "  Apalagi dengan kegiatan ini kami merasa terbantu dengan adanya Lembaga Ade Ogi, yang secara sukarela turun ke lapangan mendata dan mensosialisasikan ke nelayan," ujarnya

H. Nase, nelayan desa Gusunge, Kecamatan Kusan Hilir mewakili keluarga nelayan lainnya sangat berterimakasih, karena menurut dia kegiatan seperti ini sangat membantu nelayan Tanah Bumbu, khususnya nelayan pesisir pantai Pagatan.

"Saya sangat berharap, agar diera   kepemimpinan Zairullah Azhar  dan  Muhammad Rusli bantuan fasilitas lainnya juga diberikan agar kehidupan nelayan Tanah Bumbu benar - benar mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah" pungkasnya (Faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement