Tingkatkan Keterampilan Warga Binaan. Bapas Dan BLK Gelar Latihan Kemandirian

BATULICIN - Pendidikan dan Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan warga binaan merupakan hasil kerjasama antara Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin dengan Balai Pelatihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu. Meski itu,  Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin resmi membuka Pelatihan Kemandirian untuk Klien Bapas Kelas II Batulicin Tahun 2021.

Disampaikan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin Rachmat Arief, maksud dilaksanakannya kegiatan itu adalah untuk membina atau memberikan keterampilan kepada warga binaan. "Disaat   warga binaan Pemasyarakatan keluar dari Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin, mereka memiliki kemampuan dan dapat dikembangkan serta dapat memenuhi kebutuhan mereka dan tidak mengulangi kesalahan mereka."ujarnya.

Selain itu dapat  pula memberikan kesempatan kepada warga binaan agar mendapatkan sesuatu pekerjaan atau kemampuan yaitu berupa perbengkelan atau otomotif. Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Andi Aminuddin, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI Kantor Wilayah Kalimantan Selatan, melalui Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin, yang menyelenggarakan acara Pembukaan Pelatihan Kemandirian Untuk Klien Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Batulicin Tahun 2021.

Program Pelatihan Kemandirian ini merupakan langkah konkret dalam membantu perekonomiam klien dimasa sulit, mengingat persoalan utama para narapidana yang menjalani reintegrasi adalah mendapatkan pekerjaan.

“Secara teknis keterampilan ini tidak terlalu sulit, terlebih lagi peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal, sehingga bisa dijangkau oleh para klien. Dan berharap keterampilan didapat dari Pelatihan Kemandirian ini bisa segera diaplikasikan dilapangan untuk membantu perekonomian keluarga,” ungkapnya. Sementara itu, acara tersebut diakhiri dengan penyematan tanda Pelatihan oleh Andi Aminuddin kepada peserta. (faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement