Banjir Melanda Tanbu. Bantuan Pemerintah Pusat Jadi Harapan Daerah

BATULICIN – Musibah banjir yang melanda banjir dalam sepekan  di 6 Desa Kecamatan Satui  Kabupaten Tanah Bumbu menjadi perhatian semua pihak. Sebagai bagian langkah  dari penanganan itu tak hanya mengandalkan Pemerintah Daerah namun lebih diharapkan pihak Pemerintah Pusat dapat membantu guna mengatasi banjir yang kerap melanda diwilayah tersebut.

Bupati Tanah Bumbu, H.M. Zairullah Azhar, Minggu (16/05/2021) saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Satui, mengatakan agar banjir ini tidak terulang lagi setiap tahun. Meski demikian,  Pemerintah Daerah berupaya mengusulkan ke pemerintah pusat agar disetujuinya pembangunan Bendungan Kusan yang ada di Kecamatan Kusan Hulu, sehingga bendungan ini menjadi tempat penampungan air dan juga menjadi pusat irigasi bagi sektor pertanian.

Lanjutnya , untuk pembangunan Bendungan Kusan ini, setidaknya ada sebanyak 6 desa yang akan direlokasi. Dengan adanya Bendungan Kusan, sambung Zairullah tentunya tidak hanya menjadi pusat irigasi saja, namun juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga baik itu disektor pertanian, perikanan, dan lainnya.

Keberadaan Bendungan Kusan tersebut juga bisa dimanfatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. "Diharapkan dengan terbangunnya Bendungan Kusan tersebut tentunya dapat mengatasi banjir yang sering terjadi setiap tahun di Kabupaten dengan slogan Serambi Madinah itu.,"ucapnya.

Sementara itu, terkait penanganan banjir di Satui, Bupati Tanbu, H.M. Zairullah Azhar mengatakan saat ini air sudah mulai menurun. Untuk logistik yang disiapkan mampu memenuhi kebutuhan satu minggu kedepan. “Mudah-mudahan, dalam dua hari ini banjir sudah bisa diatasi,” harapnya.

Pada saat meninjau lokasi banjir, Bupati juga mengadakan rapat dengan pihak terkait untuk mengatasi dampak-dampak yang diakibatkan banjir, termasuk dampak terhadap pertanian warga sekitar 480 hektar yang siap panen mengalami kegagalan, serta membahas rencana relokasi rumah warga.

Turut serta bersama Bupati saat meninjau lokasi banjir, Wabup H. Muh. Rusli, Anggota DPRD Dapil Satui, Pj. Sekda H. Ambo Sakka, BNPB Pusat, Kalak BPBD Tanbu Eryanto Rais, Kepala Bappeda Tanbu Adrianto Wicaksono, Kepala Disdikbud Tanbu Eka Sapruddin, Kepala Dinas Kesehatan Tanbu Setia Budi, Kepala Dinas Sosial Tanbu Basuni, Kepala Diskominfo Tanbu Ardiansyah, Plt Kadisdukcapil Tanbu Gento Hariyadi, Camat Satui Abdul Rahim, Kepala Desa, dan lainnya. (faris)

Posting Komentar

0 Komentar