Tangani Banjir Satui. BPBD Sudah Siapkan Perahu Karet

BATULICIN – Perahu karet sudah disiapkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu. Saat ini sudah diturunkan guna mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Satui.

Dilaporkan Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, belum lama tadi, mengatakan pada saat banjir di Kecamatan Satui pihaknya menurunkan perahu karet sebagai bentuk pelayanan kepada korban banjir.

“Selain menyalurkan logistik, BPBD juga menurunkan perahu karet untuk evakuasi korban banjir,” ujar Eryanto, seraya mengatakan dalam hal penanganan bencana ini BPBD bertugas sebagai komando, evakuasi, dan pelaksana dilapangan.

Pada saat evakuasi, kata Eryanto, pihaknya memprioritaskan pada anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Evakuasi yang kami lakukan berdasarkan laporan dari pihak desa setempat. Ada sebanyak 3 (tiga) perahu karet yang diturunkan pada saat banjir tersebut.

Sementara itu, bantuan logistik dari BPBD Tanbu yang di distribusikan berupa beras 20 sak ukuran 10 kg, minyak goreng 36 bks ukuran 1 liter, sarden 60 kaleng, mie instan 20 dos, gula pasir 24 kg, kopi 20 bks, saos 24 botol, kecap 24 botol, dan air mineral 37 dos.

Selain bantuan dari BPBD Tanbu, BPBD Provinsi Kalsel juga menyerahkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, makanan tambahan gizi, lauk pauk, selimut, dan tikar yang nilainya jika diuangkan sebesar Rp. 53.804.862.

Dalam penanganan banjir ini pula, lanjut Eryanto, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan SKPD terkait seperti Dinas Sosial untuk dapur umum, Dinas Kesehatan untuk tenaga medis dan obat-obatan, Dinas Pertanian, Dinas Perkimtan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta dinas lainnya. Kemudian, Kepolisian, TNI, Basarnas, Relawan, dan pihak lainnya.

Pelengkap penanganan bencana lainnya , ada sebanyak 16 dapur umum yang dibuka. Selain yang dikelola oleh Pemda, masing-maskng desa dan RT juga mendirikan dapur umum. Bahkan, BPBD Prov Kalsel juga membuka satu dapur umum. (faris)


Lebih baru Lebih lama
Advertisement