Kembangkan Potensi Wisata Air Kalimas, Wali Kota Eri Gandeng Pelindo III

 




 

Surabaya- Rencana Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam mengembangkan potensi wisata di Kota Pahlawan terus dilakukan. Hari ini, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama dengan Pelindo III menyusuri Sungai Kalimas. Tujuannya untuk melakukan pengkajian serta analisa mendalam terkait konsep wisata air, kota lama, heritage hingga pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Antiek Sugiharti mengatakan, hari ini adalah tindaklanjut pertemuan antara Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan Pelindo III beberapa waktu lalu. Dia menyebut, ada beberapa spot menarik yang akan dapat dikembangkan bersama Pelindo yang akan dikemas menjadi satu konsep.

 

“Setelah kita sisir dari Taman Prestasi hingga Taman Petekan, maka kita tahu apa saja yang seharusnya kita perbaiki. Apalagi Taman Petekan ini juga sudah siap dengan UMKM, Jadi kita akan gabungkan menjadi satu konsep,” kata Antiek Sugiharti, di sela-sela tinjauannya, Senin ( 7/6/2021).

 

Selain itu, Antiek menyebut dengan adanya kolaborasi bersama Pelindo III rencananya, akan melibatkan kapal cruise (pesiar) yang sering bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Dari situ lah wisatawan yang datang dapat berkeliling menikmati wisata air, kota lama. heritage secara bersamaan. “Nah, biasanya penumpang kapal cruise saat turun, kelilingnya menggunakan bus. Kita lihat apakah memungkinkan kalau menggunakan wisata air. Salah satu alternatif untuk safari mereka,” urainya.

 

Mantan Kadis Kominfo tersebut memastikan, jika selama ini rute wisata air berjalan mulai dari Kapal Monkasel – Taman Prestasi – Museum Pendidikan – Siola – Jembatan Merah. Kini, sudah menyambung hingga Taman Petekan. Bahkan, disepanjang  perjalanan menuju Taman Petekan ia pun mencatat apa saja yang harus dibenahi agar wisatawan dapat menikmati perjalanan air dengan nyaman “Insyallah akhir tahun ini bisa terlaksana, untuk pengembangan selanjutnya kita lakukan secara bertahap,” papar dia.

 

Sementara itu, SM Perencanaan Strategis dan Kinerja Perusahaan Pelindo III, Mohammad Ali Affandi menambahkan, ada beberapa potensi wisata yang dapat dimaksimalkan manfaatnya. Dia membeberkan, seperti Taman Petekan atau istilahnya River Side yang sudah beroperasi sejak dua tahun lalu.”Biasanya lokasi ini digunakan anak muda untuk nongkrong dan foto-foto. lalu pompa air Petekan juga dapat digunakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak  dan masih banyak lagi,”

 

Ia mentargetkan, program tersebut akan terealisasikan akhir tahun 2021 tepatnya bulan September mendatang, sesuai dengan diskusinya bersama Wali Kota Eri. Makanya, untuk mencapai itu, salah satu yang menjadi konsentrasi saat ini adalah di titik perjalanannya. “Secara konektivitas perjalanan juga menjadi konsen kami dengan Pemkot Surabaya,” pungkasnya. (Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement