Permudah Pelayanan : Dukcapil Tanbu Miliki 1 Unit Mesin ADM

BATULICIN – Demi mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu (Dukcapil Kab Tanbu) miliki 1 unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Saat ini, mesin ADM itu sedang dilakukan penyetingan alat oleh petugas Dukcapil Tanbu. Plt. Kadis Dukcapil Tanbu, Gento Hariadi, Jum’at (18/06/2021) di Batulicin, mengatakan ADM merupakan inovasi baru dari Kemendagri melalui Dirjen Adminduk.

Dimana dengan mesin ADM ini masyarakat dapat mencetak dokumennya sewaktu-waktu. Diharapkan pula melalui mesin ADM ini dapat mengurangi antrian masyarakat di dinas. “ADM hadir dimana masyarakat bisa mencetak dokumen administrasi secara mandiri,” ujarnya.

Dimesin ADM tersebut semua dokumen kependudukan bisa dicetak seperti e-KTP, akta, KK, dll. Caranya yakni, pada saat masyarakat mengurus dokumen kependudukan di Dukcapil nanti, dalam sistem informasi administrasi kependudukan akan mengeluarkan PIN. Pin akan dimiliki oleh setiap orang yang berurusan adminduk. Kalo mau cetak di ADM, hanya membawa pin itu.

Dengan fitur yang sangat mudah di ADM, masyarakat bisa cetak secara mandiri karena dokumen kependudukan dan pencatatan sipil saat ini sudah dilengkapi dengan tanda tangan elektronik. Walau pun hanya selembar kertas tapi asli.

Terkait mesin ADM, kata Gento saat ini pihaknya sedang melakukan setting mesin dan kelengkapan penunjang lainnya. Ia berharap ADM segera beroperasi secepatnya sehingga pelayanan masyarakat semakin mudah.

Mesin ADM ini diperoleh oleh Dukcapil Tanbu dari Kemendagri sebagai wujud apresiasi dan reward kepada Pemkab Tanbu sebagai Kabupaten dengan pelayanan terbaik dalam pelayanan publik Adminduk. (faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement