Surabaya Covid-19 meningkat, DPRD Surabaya Minta Walikota Kaji Lagi Rencana Sekolah Tatap Muka

 



Surabaya- Soal rencana sekolah tatap muka Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti meminta supaya Walikota Surabaya untuk mengkaji lagi, melihat kondisi sekarang ini Surabaya  mengalami peningkatan penularan Covid-19.

"Walikota supaya mengundang para pakar apakah akan menyiapkan sekolah tatap muka, atau memperkuat penyekatan dan PPKM," katanya Rabu (16/06/2021).

Reni menjelaskan, sekolah tatap muka tergantung pada kebijakan kepala daerah. Pada dasarnya sekolah tatap muka dibolehkan oleh pemerintah untuk daerah yang berstatus zona kuning atau oranye, namun tidak untuk yang berstatus zona merah. Sedangkan Surabaya saat ini berstatus zona oranye.

"Misalnya, kehadiran murid yang semula direncanakan 50 persen dari total jumlah murid dikelas, mungkin bisa dikurangi menjadi 25 siswa saja.," tandasnya.

Dia mengingatkan, jangan sampai sekolah tatap muka menimbulkan klaster sekolah, sehingga menambah angka penularan Covid-19 di Surabaya.

Reni menambahkan, selain tergantung pada kebijakan kepala daerah  juga harus memperhatikan persetujuan orang tua. "Bagi siswa yang tidak mendapat ijin sekolah tatapmuka harus dilayani lewat pembelajaran on line," jelasnya.

Sebelumnya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengakui kalau angka Positivity Rate Covid-19 di Surabaya naik menjadi 9. Padahal sebelum lebaran, angka Positivity Rate Covid-19 di Kota Surabaya masih di kisaran 5 persen atau dalam posisi aman. 

“Ketika ada kenaikan dari 5 persen ke 9 persen secara total Surabaya, maka berarti ini alarm dan warning buat kita. Sedikit kita lengah, cepat ini berangkatnya ( kasus Covid-19), berarti kita harus hati-hati, saya harus warning betul kita harus tetap menjaga protokol kesehatan,” ucapnya. ( Adv/ Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement