Ingin Mengembangkan Startup Digital Surabaya, Eri Ajak Pemerintah AS Berkolaborasi

 

 



 


Surabaya- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima kunjungan dari Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya Jonathan Alan di ruang kerja Balai Kota Surabaya, Rabu (15/9/2021). Ini merupakan pertemuan pertama Wali Kota Eri dengan Konjen Jonathan. Pertemuan itu membahas tentang rencana kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan Pemerintah Amerika Serikat.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengatakan, saat ini ada banyak startup digital di Kota Surabaya. Beberapa diantaranya, berkantor di Koridor Coworking Space, Siola. Menurutnya, startup digital merupakan salah satu roda penggerak perekonomian. Bahkan, startup digital mampu menciptakan banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

“Kalau ada waktu saya akan ajak ke Koridor Coworking Space, Siola. Sehingga, bisa melihat apa yang mereka (startup digital) kerjakan. Kemudian, bisa memberikan masukan kepada mereka agar bisa lebih baik lagi,” ujar Wali Kota Eri.

Oleh sebab itu, melalui Konjen Jonathan, Wali Kota Eri mengajak Pemerintah Amerika Serikat berkolaborasi dalam industri digital untuk mengembangkan startup digital. Ia memiliki keinginan agar startup digital yang ada di Kota Pahlawan tumbuh pesat dan mampu go international. 

“Kemarin kita menjalankan program 1000 startup digital. Saya akan sangat bahagia apabila Konjen Jonathan bersedia ambil bagian. Sehingga, melalui kolaborasi itu akan membuat startup di Surabaya bisa go internasional,” jelasnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu mengaku terkejut, ternyata Konjen Jonathan mengetahui jika dirinya suka keliling Kota Surabaya mengendarai sepeda motor. “Saya ajak beliau kapan-kapan keliling kota dengan menggunakan sepeda motor. Saya juga ingin ajak ke Sentra Ikan Bulak di Kenjeran,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Konjen Jonathan mengatakan, Indonesia dan Amerika Serikat memiliki ketertarikan yang sama di bidang inovasi dan startup digital. Sehingga, ia berharap melalui kerjasama dan kolaborasi Pemkot Surabaya dengan Pemerintah Amerika Serikat dapat meningkatkan industri digital, terutama startup digital.

“Ini merupakan area yang kami yakini mempunyai kemungkinan besar untuk bekerjasama di waktu yang akan datang. Kami yakin ini akan membantu pertumbuhan ekonomi,” kata Jonathan.

Sementara itu, ia mengungkapkan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja Wali Kota Eri. Apalagi, ia sering melihat Wali Kota Eri menggunakan sepeda motor saat keliling Kota Pahlawan untuk meninjau sebuah lokasi. “Itu merupakan hal yang sangat baik dan menarik. Saya juga akan mulai melakukan hal yang sama,” pungkasnya. (Ham)

 

Lebih baru Lebih lama
Advertisement