Pemanfaatan Pangan Lokal Berpeluang Bisnis . Ini Harapan PKK Tanbu Kepada SKPD Terkait



BATULICIN - Usai dibuka Sekda Tanah Bumbu H.Ambo Sakka,  Senin (18/10/2021)  dihalaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat,  merupakan lomba menu Pengembangan Pangan Lokal (PPl) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (  B2SA ) tingkat Kabupaten tahun 2021.

Tampak berbagai olahan pangan yang diikuti 13 Kecamatan se Kabupaten Tanah Bumbu menjadi perhatian pihak pengurus PKK Kabupaten.

Dalam lomba ini menampilkan berbagai olahan yang sangat variatif.kerena itu ketua PKK  Tanbu yang diwakili Hj. Hasnah Masude melihat potensi nya cukup menjanjikan.

Maka itu jelasnya, dari 12 Kecamatan yang sudah tersedia tanaman lokal hingga  bisa di kembangkan menjadi pangan lokal tentu diharapkan bernilai gizi dan higienis serta  layak di  konsumsi masyarakat.

"Apalagi kami melihat potensinya berada pada ubi kayu ,kebetulan saat kami mengajak para kader PKK Kecamatan agar saatnya meningkatkan Gizi masyarakat sekaligus pengembangan itu bisa meningkatkan ekonomi keluarga dengan mengolah ubi kayu menjadi tepung,"ucapnya.

Dia menambahkan ,hasil olahan pangan sudah saatnya dipikirkan untuk menjadi peluang usaha yang cukup besar.

"Kita nantinya  akan membantu para Kader PKK di Kecamatan dari segi pengemasan , marketing nya dan membantu disegi alat pengolahannya ,kerena  alat yang digunakan saat ini adalah alat manual .

Alhamdulillah tepung olahan mereka sudah ada yang di jual di Banjarbaru ".paparnya.

Terkait sinergitas dengan SKPD, tentu pihaknya berharap dimana setiap ada program kerja nya yang berkaitan dengan pemberdayaan Ekonomi masyarakat agar tetap dilibatkan .

"Maka antara program kerja Kabupaten dengan program kerja yang ada di SKPD terkait ,kami bisa sinkronisasi hingga lebih cepat mengimplentasikan program program kegiatan seperti hari ini."pungkasnya (faris )

Posting Komentar

0 Komentar