Tanbu Raih Prestasi Lomba Menu Serba Ikan Tingkat Propinsi Kalsel



BATULICIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalsel.

Puncak peringatan  bertepatan dengan Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 tanggal 25 November 2021, yang  di gelar Aula BPSDM Ambulung Kota Banjarbaru.

Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November, untuk Tahun 2021 mengangkat Tema “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul”.

Pada Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 tanggal 25 November 2021, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalsel di Aula BPSDM Ambulung Kota Banjarbaru.

Dalam acara tersebut Ketua Dewan Juri Chef Agus Sasirangan memberikan catatan dalam penilaian Lomba yaitu menu yang ditampilkan harus inovatif.

Kemudian mudah dibuat sehingga bisa diterapkan oleh masyarakat. "Jadi tidak perlu dari bahan yang mahal. Perlombaan ini tidak hanya sekedar kompetisi namun juga harus disosialisasikan kemasyarakat."ujarnya.

Chef Agus Sasirangan turut mengapresiasi inovasi dari perwakilan Kabupaten Tanah Bumbu seperti kulit semangka menjadi bahan olahan bubur balita, kulit pisang menjadi selai kudapan, daun labu menjadi keripik.

Menu unggulan yang menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu juara adalah “Sup Kulit semangka Jamur Tiram Ikan Kerapu” dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Batulicin dan “Bandeng Labu Kuning” dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Satui.

"Ini adalah prestasi pertama Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dalam Lomba Masak Serba Ikan dapat menjadi 3 besar dalam 2 Kategori dari 3 kategori yang dilombakan. Semoga tahun depan dapat mewakili Provinsi Kalsel ditingkat Nasional."paparnya.

Diketahui, kegiatan ini bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK. Kegiatan tersebut diikuti oleh 13 Kabupaten/Kota, Makan Ikan Bersama dan Gelar Produk Unggulan Daerah untuk Hasil Olahan Perikanan dari tiap Kabupaten/Kota.

Lomba Masak Serba Ikan tersebut terbagi menjadi 3 Kategori :

1. Menu Keluarga

2. Menu Balita

3. Menu Kudapan

Dalam perlombaan tersebut Kabupaten Tanah Bumbu memenangkan Juara 1 untuk Kategori Menu Balita dan Juara 3 untuk Menu Keluarga. 

Rincian pemenang sebagai berikut :

*Kategori Menu Keluarga 

Juara 1 : Kabupaten Tabalong

Juara 2 : Kabupaten Tapin

Juara 3 : Kabupaten Tanah Bumbu

Harapan : Kabupaten HST

Kategori Menu Balita

Juara 1 : Kabupaten Tanah Bumbu

Juara 2 : Kota Banjarbaru

Juara 3 : Kabupaten Barito Kuala

Harapan : Kota Banjarmasin


Kategori Menu Kudapan

Juara 1 : Kabupaten Tapin

Juara 2 : Kabupaten Barito Kuala

Juara 3 : Kabupaten HST

Harapan : Kota Banjarbaru. (faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement