Ini Pemikiran Wakil Ketua DPRD Surabaya Soal Pemulihan Ekonomi

 



Surabaya- Kota Surabaya sebagai Ibu Kota Propinsi Jawa Timur yang memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa menjadi pioneer daerah lain, karena telah berhasil menjadi kota perdagangan.

Wakil ketua DPRD Surabaya, AH Thony mengatakan,  percepatan pemulihan ekonomi Kota Surabaya sebaiknya tidak hanya dilakukan pada tingkat lokal saja, namun harus dengan melebarkan sayap ke daerah lain.

“Pemkot Surabaya harus bisa menjadi leader daerah lain dalam berbagai hal, terutama optimalisasi di sektor perdagangan. Kita punya pelabuhan yang besar, ini juga potensi yang bisa digenjot, dengan cara kerjasama dengan daerah lain,” kata A.H Thony.

Pemikiran ini lah yang mendasari Wakil Ketua DPRD Surabaya ini, yang beberapa hari lalu turut memfasilitasi Bupati Sikka dalam penjajakan kerjasama dengan beberapa elemen di kota Surabaya.

Selain upaya membangun Kerja Sama Antar Daerah (Goverment to Goverment), ia juga turut memfasilitasi Bupati Sikka Fransiscus Roberto Diogo untuk mendapat informasi dan menjajaki peluang kerjasama dengan pelaku bisnis Senior Surabaya, yakni Dahlan Iskan.

Dalam agenda pertemuan pada Sabtu 5 Maret 2022 lalu, selain Dahlan Iskan Pelaku Bisnis Senior & Pembina yayasan ITC Center, juga diikuti oleh beberapa pihak, diantaranya Direktur operasi dan usaha PT Dharma Lautan Utama Rakhmatika Ardianto, Officer at Harian Disway Tomy C. Gutomo serta direktur bisnis Disway Andrey So.

“Semua sepakat ingin denyut nadi ekonomi, iklim investasi dan bisnis di Surabaya dan Sikka sama-sama bangkit kembali, tentunya dengan mengikut sertakan peran para pelaku bisnis, ” ujar Thony, Minggu ( 6/3/2022).

Menurut dia, keunggulan ekonomi di masing-masing daerah dapat dikembangkan lebih maksimal, sistematis dan masif dalam rangka menyelesaikan keterpurukan perekonomian masyarakat yang runtuh akibat pandemi Covid-19.

Thony menjelaskan, Bupati Sikka tidak sekedar menawarkan kerja sama antar daerah dalam arti sempit saja, tetapi berharap dapat mengembangkan potensi yang ada dan memberikan manfaat bagi kedua daerah, khususnya Surabaya.

“Pak Bupati juga menjelaskan dengan gamblang potensi-potensi yang ada di Sikka misalnya, ikan, jagung, pala, pinang, kemiri, vanilla, kelapa, kopi dan rempah-rempah lainnya,” tandas Thony

Thony berharap, gagasan kerjasama antar daerah bisa jadi pola atau rule model oleh Pemkot Surabaya, untuk mendesain pola kerja sama dengan daerah lainnya. Sekaligus jadi bagian dari roadmap penyelesaian persoalan pengangguran, membangkitkan keterpurukan ekonomi daerah dan menciptakan kesejahteraan yg berkesetaraan dan berkeadilan. ( Adv/ Ham)


Posting Komentar

0 Komentar