Surabaya Nol Pasien Covid-19, Pemkot Surabaya Kembalikan Asrama Haji ke Kemenag




Surabaya- Sekarang ini jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di Hotel Asrama Haji (HAH) Sukolilo Surabaya berstatus nol. Karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana mengembalikan HAH ke Kementerian Agama (Kemenag) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya, Ridwan Mubarun mengatakan, bahwa Pemkot Surabaya secara resmi bakal menyerahkan Asrama Haji ke Kemenag pada tanggal 30 April 2022. Setelah resmi diserahkan, Asrama Haji bakal kembali difungsikan untuk embarkasi jemaah Haji tahun 2022.


"Mulai tanggal 30 April 2022 kita kembalikan ke UPT Asrama Haji. Karena sesuai hasil rapat koordinasi dengan pihak UPT, Asrama Haji akan dipakai untuk jemaah Haji tahun 2022," kata Ridwan di kantornya, Selasa (26/4/2022).


Oleh sebab itu, Ridwan menyatakan, segala prasarana atau fasilitas pendukung untuk perawatan pasien sejak awal April 2022 sudah ditarik. Apalagi, sejak tanggal 15 Maret 2022 pasien yang menjalani isolasi di Asrama Haji berstatus nol.


Sementara yang berada di sana, kata Ridwan, saat ini tinggal petugas dari BPBD dan Satpol PP sebagai tenaga pengamanan. Sebab, sebelum resmi diserahkan ke UPT, pemkot melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) melakukan perbaikan-perbaikan sejumlah gedung di Asrama Haji.


"Yang ada sekarang ini hanya petugas dari BPBD dan Satpol PP sebagai tenaga pengamanan dan Satgas dari DPRKPP yang melakukan perbaikan gedung-gedung yang rusak," jelasnya.


Mantan Camat Tambaksari Surabaya itu menyebut, bahwa DPRKPP melakukan sejumlah perbaikan gedung Asrama Haji. Mulai dari pembenahan plafon, perpipaan AC dan pengecatan atau pemasangan wallpaper.


"Untuk pekerjaan pembenahan gedung yang belum selesai meliputi perbaikan atau penggantian AC beberapa kamar. Kemudian, perbaikan handle pintu elektronik serta pengecatan eksterior gedung," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sugianto menyatakan hal yang sama. Sekarang ini, ada enam gedung di Asrama Haji tengah dilakukan perbaikan oleh pemkot sebelum resmi diserahterimakan.


"Kondisi (Asrama Haji) dalam proses perbaikan. Karena fokus digunakan operasional Haji tanggal 3 Juni 2022, kloter 1 sudah masuk AHES," kata Sugianto. (Ham)



Posting Komentar

0 Komentar