Komisi C DPRD Surabaya Menyarankan Wali Kota Menindaklanjuti Usulan Warga Soal Penataan Makam Mbah Karimah

 



Surabaya- Rencana penataan dan pemugaran Makam Mbah Karimah di Kembang Kuning di Kota Pahlawan, Komisi C DPRD Kota Surabaya menyebutkan bahwa  pemugaran belum terlaksana karena terkendala anggaran.

Sukadar Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya mengatakan, pada saat reses beberapa waktu lalu ada usulan warga di Kecamatan Sawahan, agar ada penataan dan pemugaran Makam Mbah Karimah.

"Selama ini Makam Mbah Karimah belum tersentuh pembangunan sama sekali, padahal jika dibandingkan dengan makam-makam lain yang merupakan tokoh babat alas Surabaya, itu sudah ada pemugaran untuk mempercantik makam," ujar dia, Senin ( 6/06/2022).

Ia menjelaskan, sejumlah makam yang sudah dilakukan pemugaran dengan memakai dana APBD Kota Surabaya seperti Makam Sunan Ampel, Sawunggaling dan Mbah Bungkul.

Menurut Sukadar, masyarakat sekitar Kembang Kuning ingin ada penataan dan pemugaran Makam Mbah Karimah, karena selama ini belum tersentuh sama sekali.

"Jadi kebijakan Pemkot Surabaya belum mengarah ke sana yaitu, penataan dan pemugaran Makam Mbah Karimah. Makanya warga ingin ada pemugaran Makam Mbah Karimah, karena yang ziarah ke makam itu tidak hanya sekitar Surabaya, melainkan seluruh Jawa Timur bahkan ada yang dari luar Jatim," ungkapnya.

Ia menyebutkan, saat acara Haul Mbah Karimah, pengunjung bisa mencapai ribuan orang, bahkan dalam haul tersebut tercipta geliat ekonomi yang menunjang para pedagang kaki lima (PKL) maupun pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Usulan warga, lanjut Sukadar,  soal penataan Makam Mbah Karimah sudah disampaikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya agar ditindaklanjuti. Namun, lanjut dia, Bappeko sepertinya tidak berani melakukan karena terkait anggaran.

"Saya sebagai Anggota Komisi C menangkap signal yang diusulkan masyarakat setempat, tinggal eksekutornya (Pemkot) bagaimana untuk merealisasikan pemugaran Makam Mbah Karimah," tandasnya.

Untuk itu, Sukadar menyarankan agar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bisa menindaklanjuti usulan dari masyarakat Surabaya soal penataan Makam Mbah Karimah.

"Jadi kalau Pak Eri Cahyadi ada niatan untuk memugar Makam Mbah Karimah, Komisi C bisa mengusulkan dalam perencanaan anggaran APBD tahun 2023," urainya.

Sementara itu, Juru Kunci Makam Mbah Karimah Joni mengaku senang jika Pemkot Surabaya berencana melakukan pemugaran Makam Mbah Karimah agar tertata lebih bagus lagi.

Joni mengatakan, ketika pohon besar di Makam Mbah Karimah roboh dan menimpa bangunan makam, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memerintahkan Dinas Cipta Karya untuk memugar area makam Mbah Karimah.

"Ya saya merasa senang dan bangga atas rencana wali kota itu. Saat itu Pak Eri ingin Gapura pintu masuk makam diperbesar, agar mobil bisa masuk area makam," ujar Joni. (Adv/ Ham)

Posting Komentar

0 Komentar