Menko Muhadjir Blusukan Cek Kesiapan Jalan Tol Untuk Idul Fitri

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy blusukan ke  ruas jalan tol di Tol Cipali  dan Tol Cipularang cek kesiapan jalan tol untuk Idul Fitri 2023, Minggu (9/4/2023).

Ikut bersama Muhadjir antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi dan pihak pengembang jalan tol. Muhadjir melihat proses pengerjaan tol Cisumdawu yang tengah dikebut pengerjaannya, serta pembersihan material longsor yang sempat terjadi di satu titik. Pengerjaan pembersihan material longsor yang terjadi di satu titik tersebut diyakini tidak menghambat rencana fungsionalisasi tol.

Tol Cisumdawu Seksi 1,2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur. Sedangkan Seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional. Tol Cisumdawu yang akan difungsikan adalah Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 kilometer. Rencananya, fungsional perdana untuk menghadapi arus mudik akan dimulai pada tanggal 15 April 2023.

"Ya ini kan salah satu jalur yang kita harapkan sudah bisa difungsikan fungsional pada saat Lebaran nanti. Pak Menteri PUPR menyampaikan tanggal 15 April bisa selesai jalur ini, sehingga secara fungsional bisa digunakan untuk memperlancar mudik," jelas Mendikbud pada Kabinet Jokowi Jilid Satu ini.

Basuki Hadimuljono mengatakan , tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Sehingga, masyarakat dari Bandung yang akan mudik ke arah Semarang dan Jawa Tengah tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan. Sehingga sangat membantu mengurai kemacetan di ruas Tol Cipali.

Budi Karya Sumadi menerangkan, untuk operasional dari Tol Cisumdawu hanya akan dibuka dari pagi sampai pukul 3 siang. Hal itu lantaran wilayah tol yang berada di dataran tinggi itu rawan berkabut pada malam hari dan dikhawatirkan membahayakan pemudik. Kemudian, nantinya akan disiasati oleh Korlantas Polri untuk melakukan sistem buka tutup atau contra flow di kawasan Tol Cipali.

"Kalau dengar penjelasan dari Pak Menteri PUPR, saya optimis. Nanti Insya Allah kalau ini sudah secara fungsional bisa digunakan maka perjalanan mudik bisa lebih lancar di wilayah Jawa Barat khususnya untuk wilayah Sumedang dan sekitarnya," ucap Muhadjir.

Menambah rest area

Lebih lanjut Muhadjir mengedepankan, langkah yang telah dilakukan oleh para pengembang jalan tol, baik dari swasta ataupun BUMN di antaranya adalah menambah lebar ruas jalan, menambah kapasitas rest area, menambah prasarana tol, dan menambah rest area baru untuk antisipasi melonjaknya pengunjung rest area di puncak arus mudik dan balik.

Di antara ruas jalan tol trans Jawa yang melakukan pembenahan adalah di ruas tol Cipali yakni menambah jalur dan menambah kapasitas rest area di KM 86, menambah rest area sementara di KM 81A dan 81B,  penambahan jalur mudik di ruas tol Cikampek, dan kapasitas rest area di KM 62, serta memperbaiki sarana rest area supaya lebih nyaman.

"Kebijakan sebelumnya sudah kita koreksi dengan menambah jalur itu saya kira suatu keputusan yang bagus. Ada penambahan rest area, penambahan sarana prasarana seperti toilet, mini market, dan lainnya," ucapnya.

Selain itu, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) empat peruiode ini juga meminta para pengembang tol untuk mensiagakan ekstra prasarana seperti mobil derek, para petugas tol, dan mobil bensin keliling.

Ia meminta pihak tol untuk selalu berpatroli  bersiaga untuk mengimbau para pemudik supaya mengecek kapasitas  bahan bakarnya agar tidak mogok dan mati mesin, kemudian mengingatkan supaya tidak berkendara di kala lelah, dan mengingatkan supaya saldo uang elektronik mencukupi untuk melintasi gerbang tol.

Muhadjir juga mengimbau supaya para pemudik untuk lebih ekstra mengecek kesehatan dan kemananan kendaraannya supaya tidak sampai bermasalah saat berangkat mudik yang bisa berakibat fatal. Termasuk juga kesehatan dan kesiapan dirinya untuk berangkat mudik. "Ini saya kira sudah ditangani dengan baik. Mudah-mudahan mudik tahun ini jauh lebih lancar dari sebelumnya," ucapnya. (hpo)

Posting Komentar

0 Komentar