Melatih UMKM Surabaya, DPRD Surabaya Jalin Kerjasama dengan Pihak Swasta

 


 


 

Surabaya-DPRD Surabaya berkomitmet turut dalam upaya pengembangan UMKM. Salah satunya diwujudkan dengan menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk melatih kemampuan bisnis pelaku UMKM.

 

Anas Karno Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya mengaku, telah menjalin kerjasama dengan pihak swasta yang memiliki kompetensi untuk melatih pelaku UMKM. 

 

"Nanti kita menggelar pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga pelaku UMKM. Mereka akan dilatih chef profesional yang kita datangkan, untuk membuat berbagai macam masakan. Mulai masakan tradisional, Western, Japanese, Chinese food Korean food dan lain-lain," kata Anas Karno didepan para pelaku UMKM.

 

Ia menjelaskan, pelatihan ini akan dilakukan secara kontinyu di tiap kecamatan, yang juga akan didampingi dinas-dinas terkait. "Dengan memiliki keahlian tersebut diharapkan, para pelaku UMKM tersebut mampu mengembangkan usahanya," ujar Anas.

 

Masih Anas, ia berencana untuk mendatangkan pihak Dinas Koperasi dan UMKM dalam setiap  pertemuan UMKM, untuk lebih mengenalkan E-Peken, kepada para pengusaha mikro. karena saat ini omzet yang dihasilkan melalui E-Peken tersebut bisa mencapai Milyaran rupiah.

 

Menurut Anas, untuk permodalan terus melakukan sosialiasi, supaya pelaku UMKM memanfaatkan kredit usaha lewat BPR Surya Artha Utama (SAU). Yang merupakan lembaga perbankan BUMD Pemkot Surabaya.

 

Syarat peminjaman dengan menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk , kartu keluarga, surat nikah dan serta surat domisili Surabaya. Berikut agunan BPKB sepeda motor.

 

"Tentunya pinjaman modal usaha ini sangat membantu UMKM, dari pada mereka pinjam ke rentenir atau pinjaman on line dengan bunga yang tinggi," ungkap Anas, Rabu ( 10/5/2023).

 

Anas berharap UMKM di Surabaya bisa selalu eksis, istiqomah dan optimis. Karena pemerintah pusat, Provinsi maupun Kota memberikan perhatian yang tinggi terhadap UMKM.

 

Ia menambahkan, seiring dengan pertumbuhan UMKM, tumbuh pula ekonomi kota Surabaya. Pelaku UMKM didorong untuk memanfaatkan fasilitas pemberdayaan yang disediakan Pemkot Surabaya. ( Adv/Ham)

 

Lebih baru Lebih lama
Advertisement