Pembahasan Raperda Hutan Kota , Dinas Pertanian Disemprot Dewan



Surabaya  Newsweek - Ada yang menarik dalam pembahasan  rencana peraturan daerah (Raperda) hutan kota yang dilangsungkan di Komisi B DPRD Surabaya, diwarnai  silang pendapat antara Dinas Pertanian dengan Wakil Ketua Komisi B , hal ini dipicu karena ketidaktahuan pegawai dinas pertanian (Distan) ketika ditanya total luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota surabaya.


Sementara  itu dalam pembahasan yang dilangsungkan di Komisi yang membidangi masalah perekonomian dan keuangan , bermula dari  Wakil Ketua Komisi B Tri Setijo Puruwito, yang  mempertanyakan total ruang terbuka hijau, antara penjelasan yang disampaikan Distan dengan data yang ada di Komisi B ternyata tidak sinkron.


Data Luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH ), kalau  mengacu kepada naskah akademik yang dimiliki oleh Tri Setijo Puruwito menyebutkan total luas RTH Kota Surabaya lebih dari 20 persen. Namun  lain halnya penjelasan yang diberikan Kabid kehutanan dinas pertanian, Sussy hanya disebutkan 20 persen.



“Yang benar itu yang mana? Seingat saya, sesuai di naskah akademik itu lebih dari 20 persen RTH Surabaya,” kata Tri Setijo Puruwito, Rabu (6/8/2014).



Mendapat pertanyaan demikian, Kabid kehutanan dinas pertanian, Sussy, bersikukuh dan ngotot  bahwa RTH  hanya 20 persen, dengan rincian di dalamnya sudah termasuk hutan kota yang mencapai 10 persen.


“Luas surabaya kan 333 ribu kilo meter. Kalau 10 persennya berarti 3300 hektar,” terang Sussy.



Terjadi silang pendapat  akhirnya , Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Hutan Kota, Rio Pattiselanno angkat bicara ,” kalau kita inign mengetahui luas RTH, kita harus tahu  berapa  total luas keseluruhan  kota Surabaya, nah dari itu kita bisa menyimpulkan dan diketahui secara pasti luas hutan kota yang diinginkan pemerintah kota,” Tandas  Rio Pattiselamo.




Tempat terpisah mantan ketua Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya Herlina Harsono Njoto menyatakan,” sesuai yang tercantum dalam draff  RTRW luas RTH Kota Surabaya adalah 22,38 persen dari total luas Surabaya. Atau setara 7481,35 hektar, Itu sesuai di draff  RTRW, yang dulu kita bahas di Komisi C,” terang Herlina. ( Ham )
Lebih baru Lebih lama
Advertisement