DKP Banyuwangi Serahkan 15 ribu Bibit Tanaman

BANYUWANGI - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Banyuwangi pada hari Kamis (21/1) menyerahkan 15 ribu bibit tanaman siap tanam kepada masyarakat Singojuruh melalui Camat Singojuruh Banyuwangi Nanik Mahcrufi SP.MSi pada Program Penanaman Pohon dalam rangka Sedekah Oksigen.

 Penyerahan 15 ribu bibit tanaman pohon yang terdiri dari jenis tanaman pohon Trembesi, pohon Sengon, pohon Petai Cina, pohon Durian, pohon Mories dan pohon Nangka itu diserahkan di Pendopo kantor camat Singojuruh oleh perwakilan dari DKP Banyuwangi  Ir. Eko Mulyanto dan Sudiono (Ojel)  yang dihadiri oleh Kepala Badan Lingkungan hidup Banyuwangi Khusnul Qotimah dua anggota Dewan Banyuwangi dari kecamatan Singojuruh, Muspika Singojuruh, Kyai dari Ponpes di Singojruh, Para Kepala Desa, Pimpinan instansi terkait. Para kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK se- kecamatan Singojuruh.

 Penyerahan bibit pohon dalam rangka program penanaman sedekah oksigen disambut baik  oleh masyarakat Singojuruh melalui perwakilannya, dan Ir.Eko Mulyono perwakilan dari DKP merasa malu dalam penyerahan 15 ribu pohon, sebab dirasa masih kurang banyak, kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk kecamatan Singojuruh yang berjumlah 49 ribu jiwa. Kata Eko sewaktu memberikan sambutan pidato.

 Camat Singojuruh mengucapkan banyak terima kasih kepada DKP yang mana telah memberi 15 ribu pohon siap tanam, dengan melalui penanaman pohon ini agar konservasi sumber air yang ada di 3 titik ini bisa ada kemunculan lagi sumber air yang baru.15 ribu pohon yang ada ini, nantinya akan dibagikan kepada semua desa.

 Sekolah - sekolah kantor-kantor terkait Ponpes yang ada di kecamatan Singojuruh dalam program sedekah oksigen, menanam satu pohon telah menyumbang oksigen dua manusia dan semuanya telah kerja sama secara sinergis, sehingga Singojuruh bisa berprestasi.

 Terkait dengan penghijaun pihaknya  mengucapkan terima kasih kepada Forpinka, karena dengan anggotanya sudah mengadakan penghijuan sejak tahun 2011. “saya mohon ma’af kepada semuanya dan mohon do’anya, karena besuk hari Minggu (24/1) saya sekeluarga berangkat Umroh”. Katanya

 Khusnul Qotimah selaku kepala Badan Lingkungan Hidup Banyuwangi mengatakan “ kegiatan penanaman pohon ini kita harapkan selalu berkesinambungan, tidak launching lagi, dan secara panggilan hati kepada elemen masyarakat di kabupaten Banyuwangi untuk menanam pohon.

 Kegiatan sedekah oksigen ini sudah dibuka oleh Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas Msi bulan Desember tahun 2013 di Watu Gedek dikaki gunung Raung kecamatan Sempu, yang dihadiri oleh lintas Agama dan elemen masyarakat.

 Kegiatan penanam pohon ini merupakan amanah UUD 1945 yang tertuang di pasal 28 yang disesuaikan dengan turunnya UU 32 tahun 2009 mengenai perlindungan dan Negara menjamin lingkungan yang sehat dan bersih.

 Dalam UU 32 di cetuskan bahwa setiap warga Negara wajib hukumnya untuk melestarikan lingkungan, dan berhak mengelola lingkungan. “Masyarakat bersama Muspika Singojuruh tidak hentinya melaksanakan penjagaan lingkungan dengan baik, sehingga meraih no. 1 lomba kali bersih.” Katanya (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement