H.Suyoto MSi. Pentingnya Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Daerah

BOJONEGORO - Komitmen dan integritas Bupati suyoto Msi. menjadikan implementasikan sistem Akuntabilitas kinerja Instasi pemeritah (SAKIP) terbukti mampu menggerakan kinerja pejabat dan staf di lingkungan  Pemerintah Daerah Bojonegoro guna mewujudkan sistem kerja menjadi lebih baik. Hal. Tersebut disampaikan Bupati bojonegoro H, Suyoto Msi. saat Forum koordinasi pendayagunaan aparatur negara dan penyerahan hasil Evaluasi akuntabilitas kinerja pememrintah kab Bojonegoro.

Faktor kepimimpinan (leadership) merupakan modal dasar untuk mampu menentukan kesuksesan . Sehingga bisa menggerakkan para pejabat  dan staf harus dalam pengambilan keputusan dengan baik dan tepat .Kesuksesan atau leadership itu 50 persen ditentukan dari gaya kemampuan pemimpin berkoordinasi dengan bawahan . “Komitmen kepala daerah untuk menkedepankan kepentingan masyarakat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan dan meningkatnya kesejahteraan masarakat. "" jelas kang yoto  sapaan Bupati Bojonegoro.

Selain dengan kometmen dari Kang yoto juga menjelaskan langkah yang ditempuh agar SAKIP dapat diterapkan dengan baik. 

Pertama : Melakukan diseminasi SIKAP melalui penyebarluasan segala informasi tentang  SAKIP sehingga pada seluruh SKPD sudah tidak asing lagi dengan SAKIP serta segala macam cara model dan Penerapannya. 

Kedua : tidak hanya memberi bimbingan teknis (Bimtek) terhadap 16 kepala SKPD dilingkungan  Pemkab Bojonegoro dan 27 kecamatan /kota bojonegoro.tetapi juga bagi setap SKPD serta jajaran pegawai Pemkab.

Ketiga : melakukan penyusunan indikator kinerja SESUAI DENGAN PERATURAN GUBERNUR NO.55 TAHUN 2015. 

Keempat :  Melakukan pendampingan  penyusunan laporan kinerja ( LKJ) SKPD secara intensif. Kelima, melaksanakan pra. evaluasi SAKIP secara rutin setiap tahun kepada SKPD di Kab bojonegoro oleh tim evaluasi yang terdiri  dari inspektorat, Bappeda, dan biro organisasi yang dibentuk dengan keputusan Bupati.

Keenam : Mempublikasikan SIKAP pada setiap SKPD dalam rangka menuju  keterbukaan informasi melalui website resmi milik kabupaten Bojonegoro, salah  satu kunci penerapan  SAKIP adalah adanya keterbukaan informasi.
Ketujuh : memberikan penghargaan(reward) dan hukuman (panishment) berdasarkan hasil evaluasi SAKIP.

Kedelapan : kunci sukses dari keseluruhan langkah  tersebut adalah komitmen dan integritas kepala daerah dan seluruh jajaran ,menurutnya langkah langkah yang dilakukannya inilah yang mampu membuat  kabupaten Bojonegoro memperoleh penilain. memuaskan dengan kategori  A  atas inplementasi SAKIP tahun 2016.

Sementara itu masa pemerintahan Kang  yoto dan Setyo Hartono.mengatakan pelaporan hasil evaluasi akuntabiilitas kinerja instansi pemerintahannya menjadi lebih baik dan terbuka. (SPM)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement