Bupati Kapuas Buka Lomba Tari Manasai dan Nusantara


KUALA KAPUAS - Setelah sukses menyelenggarakan lomba tari Manasai dan tari Nusantara pada pertengahan bulan lalu yang diikuti 1.500 Anggota Pramuka dari Gugusdepan dan Satuan Karya se Kwarcab Kapuas, kembali Panitia Penyeleggara Hari Jadi Ke-210 Kota Kuala Kapuas dan HUT Ke-65 Pemerintah Kabupaten Kapuas kembali menggelar kegiatan serupa sejak Minggu (6/3) pagi selama dua hari namun diikuti oleh SKPD, Kecamatan dan Organisasi Kemsyarakatan.

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Wakil Bupati Kapuas Ir H Muhajirin MP, Kapolres Kapuas, Sekda Kabupaten Kapuas masing-masing beserta isteri, Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Kapuas serta Ketua Panitia Pelaksana Bob Dwi Cipta Mahaputra nampak hadir dalam pembukaan lomba. Menariknya usai acara pembukaan diadakan menari bersama Bupati Kapuas dengan peserta lomba sebelum lomba dilaksanakan.

Dalam sambutannya Ben Brahim menyampaikan rasa gembiranya dapat menari bersama peserta lomba yang sangat luar biasa baik gerakannya maupun penampilannya. “Lomba menari Manasai dan Nusantara tujuannya bukan mencari juara, tetapi yang paling penting adalah upaya kita semua dalam melestarikan seni budaya Suku Dayak yang memiliki nilai filosohi yang sangat tinggi. Melalui Manasai dan Tari Nusantara, silaturahmi saling berinteraksi dan bertukar informasi sehingga kerukunan dan kedamaian semakin erat, juga dengan menari rasa gembira serta menyehatkan tubuh.


Sebelumnya, Panitia Penyelenggara dalam laporannya yang disampaikan Sekretaris Panitia Dr.Suwarno Muriyat S.Ag M.Pd, lomba akan dilaksanakan selama dua hari, diikuti sebanyak 44 regu, terdiri 28 regu dari SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas, 8 regu dari Kantor Kecamatan dan 8 regu Organisasi Kemasyarakatan. “Tim Juri sebanyak lima orang berasal dari TP PKK Kabupaten Kapuas dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas. Unsur Penilaian adalah wiraga, wirama, wirasa dan kekompakkan. Tingkat kejuaraan dibagi tiga yakni kategori SKPD, Kecamatan dan Organisasi memperebutkan juara I, II, III dan harapan I, II dan III serta juara Favorit” lapor Suwarno.

Lebih lanjut pria yang sehari-harinya menjabat Kabag Humas dan Protokol Setda Kapuas ini melaporkan lomba ini berkaitan erat dengan rencana penciptaan rekor prestasi. “Melalui lomba ini, diharapkan akan semakin memantapkan kesiapan masyarakat Kabupaten Kapuas dalam pelestarian seni budaya serta penciptaan rekor prestasi baru guna membangun generasi bangsa yang berkarakter sebagai modal dalam membangun dan memajukan Kabupaten Kapuas” pungkas Suwarno. (Nata)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement