Bakesbangpol Kab Blitar Antisipasi Bangkitnya Komunisme

BLITAR – Meskipun sudah menegaskan Kabupaten Blitar aman dari kegiatan berbau Partai Komunis Indonesia (PKI),  Bakesbangpol Kabupaten Blitar tetap mengantisipasi dengan menggelar sosialisasi ke semua pihak. Dalam waktu dekat, Bakesbangpol akan mengumpulkan tokoh agama, ulama, tokoh masyarakat serta Forpimda dalam sebuah agenda guna diberikan sosalisasi terkait kewaspadaan bangkitnya gerakan PKI. 

Kepala Kesbangpol Kabupaten Blitar, Mudjianto mengatakan, sifat agenda itu nanti adalah berupa silaturahmi, namun di dalamnya akan dibahas tentang situasi terkini termasuk isu komunisme yang akhir-akhir ini menjaid isu nasional dan cukup meresahkan masyarakat. Belum lama ini Kami sudah turun ke wilayah yang dinilai rawan karena pernah menjadi basis PKI di masa lalu seperti di daerah Bakung dan Tambakrejo. 

Menurutnya, kenyataan di lapangan tidak seperti yang diisukan selama ini yang menyatakan masih ada sisa-sisa penganut faham Komunis di daerah itu, masyarakat di sana tidak ada yang menganut ideologi atau faham komunisme.“Bangkitnya PKI ini hanya isu saja, hingga hari ini tidak ada laporan ke kami tentang kegiatan berbau PKI. Jika ada kegiatan semacam itu, camat dan kepala desa pasti melaporkan kegiatan itu kepada kami,” kata Mudjianto, Rabu  (11/5). 

Mudjianto mengakui, sebelumnya memang pernah ada beberapa orang yang tertangkap memakai kaos berlogo palu arit, namun saat diinterogasi petugas mereka ternyata buta tentang ideologi dan faham komunis. Mereka murni ingin bergaya. Tak hanya itu, merekapun juga  tidak tahu tentang Tap MPR pelarangan faham Komunis di Indonesia. 

“Kedepan, kami ingin mereka para tokoh bisa memberikan imbauan kepada warga masyarakat, ya semisal pengajian agar masyarakat tidak termakan isu komunisme. Komunis ini adalah masa lalu bagi Bangsa Indonesia,” kata Mudjianto kepada  Media  pada, Rabu (11/5).

Mudjianto menambahkan, saat Iini komunisme masih merupakan isu saja yang dimunculkan oleh orang yang ingin mengadu domba Bangsa Indonesia, dan untuk wilayah Kabupaten Blitar berdasarkan pemantauan dan pengawasan yang dilakukan Bakesbangpol Kabupaten Blitar sejauh ini masih aman dari kegiatan berbau PKI. (dro)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement