Walikota Probolinggo Launching SITI KENCANA

Walikota Hj Rukmini didampingi Kepala BPPKB saat melaunching Sistem Teknologi Informasi Keluarga Berencana
PROBOLINGGO - Bertempat di aula Puri Manggala Bhakti kantor sekretariat Pemkot Probolinggo, menggelar kegiatan Launching Sistem Teknologi Informasi Keluarga Berencana (SITI KENCANA), Kamis (14/7). Acara yang sekaligus dikemas dengan kegiatan Cangkru’an dn Ajang Wadul ini dibuka oleh Walikota Probolinggo Hj Rukmini.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil walikota, Sekdakot H Jhoni Haryanto, Asisten, Kepala SKPD, Camat, Lurah  serta sejumlah undangan yang terdiri dari kader BPKB dan penyuluh KB se kota Probolinggo. Dalam laporannya Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Drs Sofyan Tohari M.Si menyampaikan Situs Pengolahan Data Statistik Rutin merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dikembangkan dalam rangka menyediakan informasi tentang Pencapaian Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional sesuai dengan Perka No. 255/PER/G4/2011.

Situs Pengolahan Data Statistik Rutin ini merupakan hasil pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi dan pengendalian lapangan. Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi (Pelkon) adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek yang berkaitan dengan pelayanan kontrasepsi yang dilakukan oleh Klinik KB Pemerintah maupun Swasta, serta Dokter/Bidan Praktek Swasta sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan. Sedangkan Pencatatan dan Pelaporan Pengendalian Lapangan (Dalap) adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek tentang kegiatan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program KKB di lapangan.

“Dengan adanya informasi berbasis teknologi ini, diharapkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terkait kependudukan dan Keluarga Berencana akan semakin bisa diakses dengan mudah. Sehingga pencapaian akan informasi tersebut dapat terpenuhi.”Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Hj Rukmini berkesempatan melaunching  Sistem Teknologi Informasi Keluarga Berencana (Siti Kencana). Didampingi Kepala BPPKB Sofyan Tohari, Walikota menandai launching tersebut dengan penekanan tombol.

Selain itu even ini dilanjutkan dengan kegiatan Cankru’an dengan sejumlah kader Keluarga Berencana yang di isi dengan mendengarkan serta berdialog dengan Hj Rukmini “Program Kependudukan KB merupakan tolok ukur peningkatan kesejahteraan keluarga untuk membantu program tersebut dan mengetahui kinerja capaian program KB dan kinerja petugas PLKB (Penyuluh Keluarga Berencana). Untuk itu diperlukan peningkatan IQ. Dan terobosan dan inovasi  itu diperlukan yakni IT, Informasi Teknologi yang dinamakan Siti Kencana.”Ujarnya.


Ditambahkan oleh walikota, tujuan dari terobosan ini semata untuk membentuk keluarga sejahtera. “aplikasi Siti Kecana ini akan dicatat laporan peserta KB baru. Kemudian laporan peserta KB yang aktif dan laporan perkawinan usia pertama.”tambah Hj Rukmini yang dalam kesempatan ini juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada beberapa kades dan peserta KB.

Sementara Kepala BPPKB , Sofyan Tohari saat ditemui wartawan media ini mengatakan dengan informasi berbasis teknologi ini, setidaknya akan dapat member akses secara luas kepada masyarakat dan petugas Keluarga Berencana untuk memantau hal terkait perkembangan keluarga.”tegasnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement