Gus Ipul Berangkatkan Peserta Napak Tilas Puputan Bayu

BANYUWANGI - Dalam rangka memperingati hari jadi Banyuwangi ke 245 tahun, maka diadakan festival “Napak Tilas Puputan Bayu”.  Menurut sejarah pada tanggal 18 Desember 1771  rakyat Blambangan yang bermarkas di “Rowobayu dikaki gunung Raung secara heroik, habis-habisan melawan tentara Belanda.Dan tentara Belanda bisa terpukul mundur (kalah).

Untuk itu perang Puputan Bayu ini menjadi tonggak sejarah berdirinya kabupaten Banyuwangi. Sehingga setiap tahunnya diperingati, dan sudah menjadi agenda setiap tahun masuk pada festival Banyuwangi Perang Puputan Bayu untuk memperingatinya diadakanlah kegiatan  “Napak Tilas Perang Puputan Bayu 2016”.

Kegiatan napak tilas Perang Puputan Bayu 2016 sangat istimewa, sebab baru kali pertama Wakil Gubernur Jawa Timur “ Syaifulah Yusuf (Gus Ipul) bisa memberangkatkan peserta Napak Tilas Pupupan Bayu. Menurut Gus Ipul pada sambutannya bahwa “ Banyuwangi sekarang sangat terkenal, tidak hanya didalam Negeri, tetapi didunia Internasional Banyuwangi juga sangat terkenal. Masyarakat Banyuwangi harus bangga mempunyai bupati Pak. Anas yang hebat sekali.

Bupati Anas memimpin Banyuwangi bekerja dengan baik, melakukan pembangunan secara struktur, akhirnya kabupaten Banyuwangi termasuk salah satu kabupaten yang tercepat pembangunannya di Indonesia.Untuk mengenang jasa pahlawan mari bersama-sama napak tilas perang Puputan Bayu. 

Kita ingin semangat juang itu ditengah-tengah kita, dan generasi yang akan datang, sekaligus menjadi modal kemenangan Indonesia, dimasa yang akan datang. Kemenangan Indonesia dimulai didaerah-daerah, semoga Banyuwangi makin maju didalam pembangunan fisik dan batin (mental) berkarakter akhirnya menjadi bangsa yang kuat.

Tahun 2017 Bandara Blimbingsari Banyuwangi akan didarati Pesawat Garuda yang rutenya langsung Jakarta-Banyuwangi, ini sangat luar biasa, Banyuwangi, katanya. Dikonfirmasi Gus Ipul memberikan apresiasi yang tinggi kepada bupati Banyuwangi H.Abdullah Azwar Anas Msi, sebab Bupati telah mengangkat Banyuwangi kepentas Internasional. Daya dukungnya terus diperbaiki, baik infrastruktur, maupun suber daya manusianya. Jadi manusianya dipersiapkan oleh Pak Anas  masyarakatnya yang siap menerima tamu, pungkasnya. (jok)  
Lebih baru Lebih lama
Advertisement