PG Candi Baru Kebanjiran Stock Tebu

SIDOARJO - Beberapa hari ini dijalan raya candi sidoarjo tampak Sederetan truck pengangkut tebu dengan jumlah ratusan unit berjejer hampir memenuhi bahu jalan sepanjang 1 km sehingga mengakibatkan kemacetan diarea pabrik gula candi baru sampai didepan traficlight candi dpan polsek candi Sidoarjo.

Menurut wakil kasi umum khoiruman PG Candi Baru " Antrian  Kemacetan yang memanjang selama 3 hari ini disebabkan karena banyaknya truck truck liar yang mengangkut tebu dari berbagai daerah yang memasukan tebu ke PG candi Baru tidak berdasarkan surat permintaan  PG candi baru dari petani yang terkabung dalam POKJA dan bisa dikatakan penjualan banting harga " ucap Khoiruman. dan masih menurutnya " Hal tersebut dilakukan karena banyaknya PG didaerah yang gulung tikar dan hanya di PG candi baru satu-satunya yang  giling diwilayah sidoarjo ini sehingga sangat wajar daripada tebu kering maka terpaksa dijual bebas kewilayah Candi sidoarjo yang masih proses giling " tambahnya.
 
Dengan adanya banyak tutupnya PG diwilayah jatim .maka sesuai dengan surat kesepakatan disurabaya tgl.6 oktober 2016 yang ditanda tangani oleh dirut PTPN IX.X.XI dan PT Rajawali Nusantara Indonesia dengan deputy Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Wahyu Kuncoro dimana pada tahun 2017  pabrik gula rejosari.kanigoro dan purwodadi serta toelangan dan watu tulis juga  akan ditutup . termasuk juga pabrik gula disitubondo pabrik gula panji.olean dan wringinanom juga tutup. Sehingga imbasnya dikwatirkan para petani akan berontak karena menyangkut akan kehidupan mereka.
 
Menanggapi akan adanya penutupan beberapa pabrik gula dijatim dan PG candi baru dijadikan tempat penampungan penjualan dari para petani diberbagai daerah ketua Harian APTR PTPN XI sunardi edi sukamto mengatakan " Dengan adanya penutupan pabrik gula diberbagai daerah berdampak langsung pada kehidupan petani dan jika memang pabrik gula tidak profit harusnya diperbaiki pengelolaannya dengan revitalisasi " tegas Edi.

" Dan kami menginginkan pemerintah segera mencari jalan keluar dan menyiapkan varietas unggul yang bisa menghasilkan rendemen dan produktivitas tebu ysng tinggi " tambahnya (NH)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement