Bupati Tulungagung Dan Masyarakat Bersih-Bersih Pantai Gemah

TULUNGAGUNG - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional  di Pantai Gemah  desa Keboireng Kecamatan Besuki  Kabupaten Tulunagung, dilaksanakan bersih-bersih pantai di sepanjang bibir pantai 2 kilometer jaraknya. Temanya Melaksanakan Pengelolaan Sampah Terintrogasi dari Gunung, Sungai Kota, Pantai Hingga Laut untuk Mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020”. 

Kegiatan diikuti  seluruh elemen masyarakat dari karyawan karyawati seluruh OPD di Kabupaten Tulungagung, Pelajar, PKK, Mapala, perwakilan dari beberapa perusahaan swasta di Tulungagung, serta warga sekitar Pantai Gemah,pada (21/2),lalu. 

Dalam sambutannya Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, MSi, mengatakan, bahwa permasalahan sampah ternyata tidak hanya berdampak di wilayah perkotaan saja ,tetapi ,telah menjadi meluas terutama terkait isu pencemaran sampah di laut. 

Penelitian yang dilakukan  2015 lalu, menyatakan, bahwa Indonesia menjadi Negara kedua terbesar di dunia yang menyumbang sampah ke laut setelah Cina. Berkenaan dengan hal tersebut diatas Bupati  mengajak seluruh masyarakat di Tulungagung untuk peduli terhadap kebersihan mulai dari wilayah desa sampai kota, dari gunung hingga samudra benar-benar bersih dari sampah dan mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai pelaut. 

Bupati  juga berharap adanya potensi Pantai Gemah yang sangat eksotis dan baik untuk berwisata, domestic maupun manca Negara yang berkunjung ke Pantai Gemah.Sebab memang Pantai Gemah ombaknya yang sangat indah tidak terlalu deras dan tempatnyapun tersembunyi dari pantai selatan. Disamping itu Bupati menyampaikan, agar para pedagang yang berjualan bisa ditata dengan baik, termasuk pernjaga parkir dan petugas keamanan bisa menjalankan tugasnya dengan tertib. 

Adapun rangkaian Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di antaranya adalah : Upacara peringatan, Bersih-bersih pantai, Pembagian tempat sampah dan tas, Penyerahan sarana kebersihan, Pembagian leaflet, Pembersihan tempat pembuangan sampah liar dan pemasangan baliho larangan. 

Meskipun cuaca panas, namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk memungut sampah di sepanjang bibir Pantai Gemah. Sampah terkumpul oleh petugas Lingkungan Hidup di angkut kedalam truk di bawa ke TPA.Lokasi pantai Gemah dapat di tempuh di bawah satu jam dari kota Tulunagung. (NAN)

Posting Komentar

0 Komentar