Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

67 Warga Desa Kraton Terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

KEDIRI - Pemerintah Kabupaten Kediri menyelenggarakan penyerahan buku tabungan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada Jumat (11/8) di balai Desa Kraton Kecamatan Mojo. Hadir dalam acara ini Bupati Kediri, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Jawa Timur, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Kediri, pimpinan Bank Jatim, Muspika Mojo serta para penerima bantuan dari enam desa di wilayah Kecamatan Mojo.
 
BSPS merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah guna meningkatkan kualitas rumah agar layak huni dan memenuhi syarat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan.

“Pemberian BSPS bertujuan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni. Bantuan ini hanya sekedar membantu, diharapkan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan maupun perbaikan tempat tinggalnya,” ujar Ir. Supratman, MT. Kepala SNVT Jawa Timur. Ia berharap para penerima benar-benar memanfaatkan bantuan sesuai peruntukannya dan bukan untuk hal lain, sehingga mereka bisa tinggal di rumah yang layak huni dan sehat.

Supratman menambahkan, berkat perjuangan Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, program pemerintah pusat ini bisa turun kepada warga Kabupaten Kediri. Pada tahun 2017 ini ada 365 orang penerima yang berasal dari enam desa di Kecamatan Mojo, yaitu Desa Kranding (100), Desa Jugo (50), Desa Maesan (60), Desa Mondo (39), Desa Sukoanyar (49) dan Desa Kraton (67).

Di tempat yang sama, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo bertekad masyarakat itu harus memiliki rumah yang sehat dan layak huni. "Rumah sehat itu seperti apa? Misalnya agar lantai tidak basah harus diberi semen, atap tidak bocor sehingga nyaman berada di dalam. Jendela itu juga sangat wajib keberadaanya agar sirkulasi udara terjaga, sinar matahari bisa masuk kedalam, agar rumah tidak terlalu lembab,” tutur Bupati.

"Jika rumah yang kita huni memenuhi standart dan sehat, segala macam penyakit tidak akan menyerang kita. Udara lembab di dalam rumah itu sangat disukai oleh nyamuk apalagi nyamuk demam berdarah. Jadi mari kita sukseskan program BSPS ini untuk kesehatan dan kesejahteraan kita semua," ajaknya kepada masyarakat.
Bupati Kediri juga menyampaikan program pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Kediri, seperti jembatan Ngadiluwih yang menghubungkan dengan Kecamatan Mojo sudah mulai dibangun. "Jembatan ini akan memudahkan masyarakat untuk menyeberang melakukan aktivitas sehari-hari, jadi dengan adanya pembangunan ini perekonomian masyarakat akan meningkat. Tanpa harus memutar bisa langsung melalui jembatan ini dengan menghemat waktu sekitar 15 menit," terangnya.(dim/kominfo)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda