Tingkatkan Minat Membaca Agar Hidup Terarah





LUMAJANG – Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Perpustakaan Sekolah tingkat SMP, MTS, SMA, SMK, MA, dan Pesantren sekabupaten Lumajang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Yos Sudarso.M.M, di Pendopo Kabupaten Lumajang. Rabu, ( 20/09/2017 ).
Bupati Lumajang, Drs.As’at, M.Ag., yang hadir di akhir acara memberikan arahan terkait dengan potensi yang dimiliki masyarakat Kabupaten Lumajang. Bupati optimis pada tahun depan, Lumajang akan mampu bersaing dengan daerah lain. “Kita bisa memperkuat daya saing dengan daerah-daerah lain”, ungkapnya. Mengawali sambutannya, Bupati membacakan satu ayat alqur’an, surat Al-Alaq, yakni Iqro’ (membaca). Menurutnya, dengan membaca pengetahuan akan bertambah, dan menambah wawasan.
Ia juga bepesan kepada guru-guru yang hadir, saat ini Indonesia sangat membutuhkan generasi yang berkarakter, tangguh dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi permasalahan yang ada. Membaca, akan menunjukkan arah hidup secara terarah.
Bupati Lumajang menekankan, anak-anak yang kehilangan semangat dalam membaca harus dibangun kembali semangatnya, karena sekecil apapun potensinya harus dikembangkan agar lebih meningkat.” Jika semua berfikir bahwa kunci sukses adalah membaca, maka mereka akan berhasil”, tambahnya.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Drs. Yos Sudarso, M.Si., berharap semoga kegiatan ini menjadi konstribusi bagi masyarakat dalam minat membaca, dan bisa membudayakannya dalam masyarakat. Karena, raport dalam penilaian literasi diukur dari minat membaca hingga mecapai indeks 0,46 dalam kategori A. Dan untuk tahun depan indeks penilaian pada raport akan ditingkatkan hingga mencapai 0,7. “ Membaca membuatmu hebat, menata Arsip membuat selamat”. Imbuhnya.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan buku dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang kepada 8 perpustakaan sekolah. (h)

Posting Komentar

0 Komentar