Dampak Banjir Porong, Perjalanan Kereta Api Terganggu


Surabaya Newsweek- Akibat intensitas hujan yang tinggi yang menyebabkan petak jalan Tanggulangin – Porong tergenang air. Oleh karena itu jalur antara Tanggulangin – Porong tidak dapat dilewati oleh kereta api. 

Akibatnya, beberapa KA yang melewati jalur tersebut terhambat perjalanannya dan tertahan di stasiun karena tidak tidak bisa melewati jalur tersebut sehingga terpaksa dialihkan perjalanannya menggunakan bus oleh pihak PT KAI. Beberapa perjalanan KA dari arah Malang dengan tujuan Jakarta/Bandung yang melewati Surabaya juga harus memutar ke arah Blitar, Kediri, dan Kertosono. Beberapa perjalanan KA yang melewati jalur tersebut bahkan mengalami pembatalan dan KAI mengembalikan 100% bea perjalanan kepada penumpang yang membatalkan tiketnya.

Untuk mengatasi gangguan perjalanan ini, pihak PT KAI telah melakukan upaya normalisasi jalur selama 1x24 jam sejak kejadian dengan meninggikan rel menggunakan MTT dan penambahan batu balas. Namun hingga saat ini jalur tetap belum bisa dilewati KA karena ketinggian air hingga hari ini, Senin (27/11) mencapai 29 cm di atas kop rel.
Guna melayani perjalanan penumpang hari ini, Senin (27/11), PT KAI menetapkan skenario operasi perjalanan KA sebagai berikut:

KA Bima relasi Kertosono – Surabaya Gubeng – Malang dibatalkan, sebagai gantiya dijalankan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang.

KA Mutiara Selatan relasi Kertosono – Surabaya Gubeng – Malang dibatalkan, sebagai gantinya dijalankan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang. (Penumpang KA Bima dan Mutiara Selatan dengan tujuan Malang, dapat turun di Kertosono dan kemudian dilanjutkan menuju Malang menggunakan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang).

Untuk penumpang Bima dan Mutiara Selatan yang berangkat dari Surabaya Gubeng akan menggunakan rangkaian KLB Surabaya Gubeng- Kertosono (PP).
KA Logawa relasi Jember – Surabaya Gubeng dibatalkan, hanya berjalan dengan relasi Surabaya Gubeng – Purwokerto.
KA Ranggajati relasi Jember – Surabaya Gubeng dibatalkan, hanya berjalan dengan relasi Surabaya Gubeng – Cirebon.
KA Probowangi dibatalkan untuk relasi Surabaya Gubeng – Bangil.
KA Jayabaya relasi Pasar Senen – Malang langsung memutar lewat Wonokromo – Kertosono – Blitar – Malang.
Untuk pola operasi pengaturan perjalanan KA Lokal wilayah Daop 8 Surabaya diatur dengan skenario sebagai berikut:
KA Lokal relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar berhenti di Sidoarjo
KA Lokal relasi Blitar – Malang – Sidoarjo berhenti di Bangil
KA Komuter Surabaya Kota – Porong berhenti di Sidoarjo

Penumpang KA Lokal yang memiliki tiket namun relasinya tidak terpenuhi karena KA-nya batal sebagian, bea dikembalikan 100%.

Atas bencana alam yang mengakibatkan keterlambatan perjalanan KA ini, PT KAI menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna jasa KA. 

"Kami mohon maaf kepada penumpang baik yang perjalanannya mengalami keterlambatan atau yang mengalami pembatalan perjalanan. Bagi yang mengalami pembatalan perjalanan, silakan mengambil kembali bea tiketnya 100% di loket dengan menunjukkan boarding pass asli dan kartu identitas di loket stasiun," ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko.


Hingga saat ini PT KAI masih terus berupaya untuk menyurutkan air di lokasi terdampak banjir dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melayani penumpang KA yang mengalami keterlambatan maupun yang dialihkan dengan moda transportasi lain. ( Ham )
Lebih baru Lebih lama
Advertisement