Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Serimba PHT Jawa Timur " Pentingnya Hutan Dan Lingkungan Dalam Kehidupan


JOMBANG - Serikat rimbawan perhutani (SERIMBA-PHT) Daerah Jawa timur berupaya menyelamatkan dan meningkatkan kwalitas dan kwantitas hutan, serta meningkatkan hubungan yang lebih harmonis , bersinergi dengan segenap instansi dan segenap komunitas peduli kawasan hutan & lingkungan,  melaksanakan giat penanaman pohon yang di lakukan bersama-sama kurang lebih 200 orang dari berbagai kalangan, demi untuk sedekah oksigen pada semua orang

Kegiatan tersebut di laksanakan di hutan petak 15 RPH ( Resort Pemangku Hutan) Carang Wulung BKPH jabung KPH jombang, dusun sidolegi Desa Sumberejo kecamatan wonosalam, orang sering menyebutnya dengan nama wisata  goa sriti, dengan melibatkan paguyuban LMDH jabung - gedangan, karang taruna, tidak ketinggalan kelompok pembibitan Wonosalam.

Segenap peserta yang hadir pada Jum,at (13/04/18) diantaranya , Perum Perhutani DIVRE Jawa timur, muspika, pondok pesantren (Segoro agung & babussalam Mojoagung), MDH center , Bale tani jombang, para pengelola wisata (bukit Pinus, goa sriti ,banyu mili, plataran bumi Majapahit, Kampoeng Jawi) dengan semangat mengikuti kegiatan ini.

Wariman Asper BKPH jabung sekaligus sebagai ketua DPD Jawa timur SERIMBA PHT berterimakasih kepada seluruh yang hadir dan mendukung acara initermasuk, Pakar Mukti alumni AIK/UNWIM Jawa timur, PRJS jabung, Republik coffe Wonosalam, dharma wanita BKPH jabung, LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), AMMOR (Aliansi Masyarakat Mojopahit Bersatu) ,SP2P DPD Jawa timur dan jombang, Sekar DPW Jawa timur dan jombang tanpa keterlibatan semuanya, tak akan bisa berjalan.

Camat Wonosalam Heru cahyono dalam sambutannya mengharapkan tatap terjalin secara berkesinambungan antara semua, dan berterima kasih kepada perum perhutani KPH jombang dan serikat Rimbawan Jawa timur atas munculnya wisata yang sudah kerjasama dengan Fihak perhutani di Jombang khususnya

Secara kebetulan waktu hampir bersamaan dengan Isro, mi,roj Kepala departemen SDM DIVRE JATIM Cristomo mengadopsi antara perjalanan nabi (Isro, mi,roj)  dengan perjalanan Rimbawan menuju perubahan-perubahan dari lahan gersang menjadi subur, gundul menjadi rindang dan tidak ada perbedaan dari sisi apapun terkait penanaman sebuah pohon dalam sambutannya.

Menurut Soetriswanto sebagai ketua umum SERIMBA-PHT " Dibentuknya serikat ini, karena melihat banyak hutan yang rusak di mana mana dan paling aman adalah KPH jombang, di sisi lain banyak pengiat lingkungan untuk bersatu padu dalam pembangunan hutan, agar bisa menjadi contoh kawasan lainnya " kilasnya.

Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan, karena setiap organisme bernapas memerlukan udara. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat antara lain: Menggalakkan penanaman pohon atau pun tanaman hias di sekitar kita. Tanaman dapat menyerap gas-gas yang berbahaya bagi manusia. Tanaman mampu memproduksi oksigen. Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin Asap yang keluar dari knalpot kendaraan. Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer.

Hanya ada satu cara yaitu  Pelestarian hutan karena Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali, menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak. Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan: Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.

Melarang pembabatan hutan secara sewenang - wenang. Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. Menerapkan sistem tebang - tanam dalam kegiatan penebangan hutan.Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengolahan hutan. (Jit)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda